3000 km waktunya servis motor dan tune up

Udah waktunya servis motor ganti oli dan tune up di bengkel resmi kawasaki🙂

Sabtu pagi waktu yang tepat untuk servis motor sudah 2 bulan tidak di servis dan suara mesin sudah tidak sehalus dulu. Sekalain butuh ganti oli karena sudah masuki 3000 km maka waktunya untuk diganti.

Seharus 3000 km servis tetap gratis tapi kali ini tidak bawa buku servis karena hilang. Sebenar hilang karena ikut di katut di curi oleh maling yang mengambil tas saya. Walaupun demikian tetap aja suruh bayar biaya servis untuk motor.

Motor mulai dikerjakan oleh para mekanik, terkesan agak sepi bengkel yang satu ini dengan ada dua pelangang, saya dan bapak bapak setengah baya. mulai di tes ternyata suara motor sudah tidak sempurna disarankan untuk di tune up dan mesin di bongkar ke dalam dalam agar bisa di bersihkan dan di optimalkan kinerja mesin.

Aku tanya butuh tambahan duit berapa agar bisa di tune up mesin klx? Mekanik menjawab rp 200 ribu.

Aku sempat kaget kok mahal sekali padahal motor baru tak pake 3 bulanan dan hanya di jalan raya antar dan tidak pernah off road dan yang penting tidak pernah jatuh.

Yah sebagai orang yang belum sepenuhnya paham motor apalagi mesin percaya aja dengan mekanik sebagaimana pasien percaya sama dokter. Langsung di kerjakan pembongkaran mesin.

Untuk membuka mesin, membersihkan dalemannya, saringan sampe kampas kampasnya seperti gigi dan kopling memakan waktu 2 jaman. Tambah satu jam lagi karena di potong istirahat makan. Yah nasib deh harus nunggu satu jam untuk dua orang mekanik makan siang. Mungkin lebih baik lagi seandainya satu makan lalu yang satu mengerjakan motor agak efesiensi waktu tetap terjaga.

Habis makan siang selese mereka berdua kembali bekerja, aku minta untuk di setting monoshock belakang agar lebih lembut. Agar lebih enak menghantam polisi tidur atau jalan yang berlubang.

Habis di bongkar dan di pasang kembali mulai untuk menuangkan oli resmi kawasaki. mekaniknya cerita oli cukup hanya 1 liter saja. Kemarin ada kasus pemilik klx mengisi oli sampe 2 liter lebih pake yamahalube racing. Akibatnya bodoh sekali malah hilang tenaga karena kelebihan oli itu akan masuk ke dalam saringan filter.

Agar motor klx ini lebih mantap di sarankan pake engine guard harganya Rp 200 ribu dan juga tambah knalpot agar lebih berjiwa untuk offroad dan racing harganya Rp 460 ribu. Ini lebih tertarik untuk engine guardnya lebih murah dan lebih jelas fungsi untuk melindungi.

Servis juga dilakukan untuk pembersihan karburatur yang merupakan paru parunya motor.

Habis semua servis di lakukan di dekati oleh satu mekanik. Dia bilang mas ini sudah siap kalau mau bayar biaya servis dan ganti oli langsung di bayar di depan untuk yang tune up mesin langsung ke kita aja. Wah jadi sempet kaget kok bayarnya langsung ke mekanik, berarti itu langsung masuk ke kantong mereka. Bahkan tidak ada kuitansi untuk tune up motornya.

Pada dasarnya kondisi motor sudah sehat kembali dan siap siap untuk adventure berikutnya

1 Comment

  1. alamakkkk,3000km belah mesin????
    mekaniknya ngakalin si om tuh biar dapet duit ckckck.
    sama seperti cerita adek saya pas di jkt servis vario.karena ga tau mesin jadi manut aja diganti all parts yg katanya minta ganti & habis duit banyak.
    untung aja om ada duit so bisa manut belah mesin,kalo kek saya yg Alhamdulillah duit ngepas mah mending ga jadi servis ke dealer resmi saja🙂
    ttg monosok menurut saya standar klxs terlalu empuk & perlu dikerasin.dipake buat boncengan ambles tuh monosoknya


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s