Moge Keliling Indonesia

Atikel di diambil dari motorplus online.

Salut dan acungan jempol layak diberikan pada rombongan Moge Keliling Indonesia (MKI) dari Medan, Sumatera Utara ini. Dengan latar belakang ingin mengenal Indonesia lebih nyata dengan mendatangi langsung berbagai pelosok, mereka nekat meninggalkan Medan dengan hitungan waktu 60 hari.   

Dengan menggunakan 3 motor dan 1 service car, rombongan ini berangkat pada 9 April lalu dari Lapangan Merdeka, Medan. “Sebenarnya kita ingin lebih banyak lagi peserta tapi karena jarang ada teman yang punya waktu sampai 90 hari ini maka akhirnya kami cuma bertiga,” kata Djohan Wang sebagai touring leader.

Selain Djohan yang berboncengan dengan istrinya Nancy, juga ada Basri CH dan Sumito. Djohan dan Basri menggunakan motor Honda Africa Twin lansiran 1996 yang berkapasitas 750 cc sedangkan Sumito dengan Cagiva 650 cc.

Berangkat dari Medan mereka mengikuti jalur timur menuju Jawa. Setelah itu jalur selatan Jawa juga habis dilibas sampai Madura dan lanjut Bali. “Dari Bali kita nyebrang Lombok kemudian ke Sumbawa sampai Flores,” ungkap Basri.


 Takjub dengan budaya Toraja yang masih terpelihara sampai saat ini

Kemudian lanjut nyebrang ke Sulawesi mulai selatan sampai utara. “Selanjutnya kita nyebrang ke Balikpapan dari Palu,” ungkap Djohan lagi. Pulau Kalimantan pun semuanya dilewati. Jalur jalan hutan antara Kalteng ke Kalbar memberikan mereka pengalaman tersendiri karena kondisi jalan tanah yang begitu panjang. 

“Kondisi fisik dan motor harus diperhatikan. Untuk motor terutama oli dan ban,” tambah Djohan lagi. Ban Swallow yang mereka gunakan ternyata cukup tahan dan terbukti hanya satu kali ganti ban saat mereka di Pontianak sebelum nyebrang ke Jakarta.

“Perjalanan ini juga kita video untuk nantinya ditawarkan ke stasiun luar negeri agar Indonesia lebih dikenal dan terbukti nikmat untuk di eksplorasi dengan naik motor,” tutup Djohan.

4 Comments

  1. salut buat kalian………….smua bikers & indonesia sejati. sukses ya.

  2. aku sma beberapa teman ku jg sedang merencanakan u/ keliling indonesia pk motor, klw ada bikers yg ingin brgabung kt bsa share info. tour kita akan di mulai dari sabang-merauke & finish di Manokwari (ibu kota provinsi papua barat) kebetulan kami bersal dr manokwari & saat ini lg melanjutkan studi di pasca sarjana UGM jogya. misis yg akan kami ambil yaitu “menanam pohon keliling indonesia” mohon dukungan doanya agar misi ini dapat segera terealisasi. bravo……..

    • aku mau gabung brow..

  3. kpn ada acara lagi? boleh ngabung ngak brow,pgn keliling indonesia nih


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s