Berdakwah keliling nusantara naik sepeda motor

MEDAN – Muhammad Awi Chengho atau Chow Cin Wi (45 tahun), seorang mualaf keturunan Tionghoa melakukan perjalanan dakwah selama dua tahun mengelilingi nusantara dengan mengendarai sepeda motornya.

“Puluhan kota Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan telah saya singgahi,” kata Awi Chengho di Medan, tadi pagi. Ia mengaku sejak 2007 lalu bertolak dari Medan untuk melakukan perjalanan jauh dengan tujuan berdakwah.

Awi mengatakan, tujuannya keliling Indonesia ingin mengajak masyarakat untuk benar-benar menjaga keindahan alam, kemudahan dan kebenaran agama Islam.

“Saya sudah sejak 2007, tapi untuk di luar Sumatera mulai 2008. Saya tidak mau menggunakan pesawat terbang, lebih enak naik motor karena saya bisa jalan sembari berdakwah,” katanya.

Pria yang memiliki nama asli Chou Cin Wi ini mengaku memiliki tekad kuat untuk memanfaatkan sisa umurnya untuk berdakwah. Awi yang kelahiran Medan 3 Desember 1963 itu menempuh perjalanan belasan ribu kilometer berkeliling nusantara dengan mengendarai sepeda motor bebek Yamaha Vega. Ia hanya ingin menyampaikan ajaran agama yang diyakini benar, yakni Islam.

Di atas jok motor Yamaha Vega bernopol BK 4679 CQ itu dipasangi boks untuk menyimpan berbagai perlengkapan keperluan dakwahnya, seperti seperangkat laptop, LCD, kamera digital, handycam, dan pakaian. Awi juga mendokumentasikan perjalanan dakwah panjangnya itu, selama mengunjungi beberapa kota di Sumatera, Sulawesi, Kalimantan, Bali dan Jawa.

“Saya lakukan ini semua demi keimanan yang saya yakini benar,” ucap Awi yang memeluk agama Islam sejak 13 Oktober 2000.

Semua agama menurutnya mempunyai kemiripan dengan Islam mulai dari ajarannya, larangannya, dan amalannya dan ia telah mempelajarinya bertahun-tahun dan akhirnya menemukan agama Islam yang betul-betul indah.

Dalam berdakwah Awi juga memaparkan legenda China yang terkorelasi dengan kisah-kisah sejumlah nabi, seperti kisah tokoh Tong Sam Chong, Laksamana Ceng Ho, Nabi Isa hingga Nabi Muhammad SAW.

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s