Indonesia dalam lonely planet

Buku ini menjadi salah satu panduan dalam ekspedisi zamrud katulistiwa versi bahasa indonesia.

Buku yang cukup tebal bisa juga digunakan sebagai bantal ujar ahmad yunus ini memberi gambaran cukup baik wilayah indnesia dari aceh sampai papau bagi yang suka bertualang secara mandiri.

Lonely planet juga memiliki website yang berisi informasi yang berguna tentang tempat wisata, jalur transportasi dan lain lain. Adapun forum sebagai media tanya jawab dan mohon info masukan tentang rencana perjalanan.

Dengan harga Rp 293 ribu merupakan investasi agar lebih mengenal indonesia. Panduan dari lonely planet dapat menjadi dasar untuk melakukan touring keliling indonesia naik motor. Mungkin harus bikin panduan lonely rider bagi yang berkehendak keliling indonesia dengan motor.

Habis membaca sebagian buku di masing masing pulau dan tempat dapat di simpulan sebagai berikut:

Keliling indonesia dengan motor terdapat 5 tingkatan mulai dari yang mudah sampai yang menantang sekalipun dan hampir mustahil.

Tingkatan pertama yaitu mudah ditandai infrastruktur jalan beraspal, stok bensin tersedia mudah mendapatkan, banyak bengkel, kota kota besar dan kemudahan untuk melakukan touring. Jalannya lurus lurus aja. Aman untuk touring di malam hari. Penyeberangan antar pulau frequensi sering.

Contoh ini pulau jawa bali.

Tingkatan kedua adalah sudah ada infrastruktur jalan menghubungkan kota kota, jalan aspal banyak tapi masih ada daerah dalam proses pengerasan jalan dengan batu dan kerikil atau cor coran semen maupun beton tapi belum aspal sepenuhnya.
Ada banyak perkebunan kelapa sawit dan dan mirip semi off road.
Ini mirip dengan kondisi yang di pulau sumatera. Jalur lintas timur adalah bagus tapi jalur lintas barat mempunyai tantangan tersendiri lebih sepi dan medan tambah berat.

Tingkatan ke tiga adlalah menantang, jalan bagus tapi hanya di berapa titk. Jarak satu kota ke kota besar lain jauh sangat jauh. Supplai bahan bakar susah di titik titik tertentu.

Contoh Ini pulau sulawesi.

Tingkatan ke empat adalah berat, banyak hutan itupun dibakar dan banyak asap dimana, banyak sungai ancaman banjir, jalan masih tanah antar desa sangat jauh dan sudah ada jalan aspal tapi dari satu kota besar ke kota besar lain jauh.

Contoh adalah pulau kalimantan

Tingkatan ke lima adalah nekad. Di pupua. hutan dimana tambang dimana mana.

Antar kota sangat jauh sekali dan hanya bisa melalui kapal dan pesawat belum ada jalur darat yang memadai.

Dan masih ada konflik bersenjata OPM papua merdeka dengan TNI kemungkinan di tembak atau di culik ada karena konflik itu.

Baru ada rencana bikin trans papua yang menghubungkan satu kota besar dengan yang lain tapi masih butuh 15 tahun lagi.

Khusus untuk jalur darat dan motor belum banyak membahas. Bagusnya buku ini adalah bisa menghubungkan satu pulau dengan pulau lainnya yaitu dengan pelabuhan ke pelabuhan. Nama kapalpun disebutkan.

Mungkin kalau beli bukunya terlalu mahal makan sebaik ambil infonya dari website loney planet dari internet.

Sebelum perjalanan panjang keliling indonesia harus tahu medan sebelum tempur melibas lanscape indonesia.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s