Bagasi tambahan saat turing

Dalam turing jarak jauh harus diusahakan sebisa mungkin rider maupun boncenger duduk senyaman dan sebebas mungkin, karenanya hindari rider ataupun boncenger terbebani dengan membawa ransel, ataupun tas selempang yang besar berisi barang-barang bawaan.

biasanya bawa tas kamping dan apabila didalam tidak tersusun rapi maka bikin pegal leher dan pundak

Untuk itu kita memerlukan penggunaan bagasi tambahan, berikut dibawah ini adalah beberapa bagasi yang biasa digunakan biker untuk mengangkut barang-barang bawaan nya.

Box Bagasi
Box bagasi yang tersedia dipasaran cukup beragam, beberapa merek yg lazim dijumpai antara lain adalah Givi, Kappa, dan Core Motor. Box bagasi ini tersedia dalam berbagai ukuran kapasitas muat dan bentuk.

Pilihlah box bagasi yang ukuran serta bentuknya yang sesuai dengan motor anda. Misal jangan menggunakan box yang terlalu besar untuk motor bebek anda, selain akan tampak aneh, box yg terlalu besar juga bisa mempengaruhi handling motor anda.

Beberapa produsen box bagasi melengkapi boxnya dengan tambahan stop lamp, jika memungkinkan belilah box yg sudah dilengkapi stop lamp ini. Hal ini memudahkan motor anda terlihat pada saat malam hari khususnya pada saat melakukan pengereman.

Selain kapasitas muat hal yang perlu diperhatikan dari pemasangan box bagasi ini adalah masalah bracket box atau dudukan box. Bracket ini menjadi penting karena benda ini lah yang mempertautkan box bagasi dengan motor, dimana bracket inilah yang nantinya akan memikul beban dari muatan dalam box.

Jadi sangat disarankan untuk memilih bracket yang kuat, dan pemasangannya harus benar. Pada saat ini ada dua jenis bracket yang beredar di pasaran yaitu bracket dengan sistem geser dan bracket tetap (fixed), yang manapun yang anda pilih pastikan bahwa bracket tersebut kuat dan terpasang dengan benar pada motor anda.

Pemasangan box yang benar menurut pendapat saya adalah sedekat mungkin ke arah riders, karena jika terlalu menjorok kebelakang akan mengganggu handling maupun manuver motor anda.

Untuk penataan barang dalam bagasi ini sebaiknya letakan barang yang berat dan jarang diambil dibagian dasar bagasi, selanjutnya barang yang ringan dan sering diambil diletakan dibagian atasnya.

Pernah membaca pemasangan side box harnga 1.9 juta side box givi e21 sama bracketnya. Namun harga tetap mahal kalau dari KMI menjualnya menjadi 900 ribu saja lebih murah. Side box jadi pilihan untuk barang bagasi dan barang kebutuhan lain yang tahan air dan aman.

Side Bag atau Sadle Bag
Side bag atau sadle bag adalah tas yang diletakan atau disangkutkan pada motor sedemikian rupa sehingga posisinya berada samping kiri kanan motor. Side bag biasanya digunakan untuk menempatkan pakaian rider dan boncenger. Side bag ini umumnya berupa tas/bag berbahan kain (soft) namun ada juga bagasi samping yang berupa box (hard) mirip box bagasi yg sudah dibicarakan diatas.

Yang akan saya ulas adalah side bag bukan side box. Saat ini sudah banyak beredar dipasaran side bag produksi dalam negeri sendiri. Modelnya meniru dari buatan luar negeri, tapi untuk kualitas tampaknya sih tidak kalah dengan yg dari luar negeri.

Harga dipasaran yang saya tahu berkisar Rp 250 ribu sampai dengan Rp 400 ribuan tergantung ukuran, model dan bahan kali ya. Yang saya pernah beli sih Rp 350 ribu.

Belilah Side Bag yang ruangnya bisa diperbesar (expandable) sehingga volumenya cukup untuk membawa pakaian rider dan boncenger selama 5 – 6 hari perjalanan.

Carilah Side Bag yang mempunyai pelindung hujan (rain cover), meskipun rain cover ini tidak benar-benar water proof 100%, namun setidaknya dengan adanya rain cover ini side bag tidak menjadi kotor kena cipratan air hujan. Saran saya meskipun ada rain cover sebaiknya pakaian dimasukan dalam kontong kresek dulu baru ditaruh dalam side bag, sehingga kita yakin hujan sederas apapun pakaian kita tidak akan kebasahan.

Pemasangan Side Bag diatas motor juga harus tepat, semua tali-tali strapnya harus terikat dengan benar. Letak Side Bag jangan sampai mengganggu dudukan kaki (foot step) boncenger, kasihan boncengernya tidak bisa meletakan kaki dengan nyaman.

Dasar Side bag jangan sampai bersentuhan dengan knalpot, pengalaman saya dari turing terakhir kemarin, side bag saya bolong terkena knalpot, untung saja tidak sampai terbakar. Padahal turing2 sebelumnya side bag saya juga sering bersinggungan dengan knalpot tapi tidak apa2. Jadi untuk menjaga hal2 yg tidak diinginkan sebaiknya dasar side bag jangan sampai kena knalpot.

sempat kepikiran pake side bag di pasang di motor klx 150s tapi sampe saat ini belum terlaksana. Ketimbang side box ini alternatif lebih murah karena bahanya bukan terbuat dari material plastik box tapi terbuat dari kain tahan air. Harganya cukup murah sekitar 300 ribu ketimbang 1.9 untuk side box

Tank Bag
Tas tangki, jelas istilah ini merujuk pada tas yang diletakan diatas tangki jadi pastilah hanya untuk motor jenis sport, bukan untuk motor bebek. Saya belum pernah punya tank bag ini jadi tidak punya pengalaman dengannya makanya tidak banyak yang dapat saya ceritakan mengenai Tank Bag ini.

sangat penting untuk jarak jauh dan touring akan menjadi manfaat saat kelilinh indonesia. Isinya bisa untuk jas hujan maupun peta dan hape. Pemasangan harus benar agar tidak mengganggu

Dari berbagai sumber di internet cara peletakan tank bag ini ada dua macam, satu dengan tali strap, yang jenis kedua adalah dengan magnetic. Mana yang lebih bagus saya tidak tahu.

Contoh Gambar tank bag ataupun Sadel Bag dapat dilihat pada situs http://www.baikerboi.com/, jika berminat membeli silahkan klik saja alamat situs tsb.

Cargo Net
Cargo Net atau jaring pengikat barang merupakan alat yang efektif untuk mengikatkan barang ke atas motor kita. Bahan dari jaring pengikat ini adalah tali elastis berbentuk jaring dengan pengait di ujung-ujung serta di tempat2 tertentu.

Penggunaan Cargo net ini sangat serba guna, karena bentuknya yang berupa jaring maka cargo net ini sangat efektif untuk mengikatkan barang yang bentuknya tidak beraturan, ataupun yang berbentuk membulat, seperti helm misalnya.

Penempatan cargo net ini juga cukup fleksilbel, saya seringkali menyungkupkan cargo net ini keatas tangki motor saya, sehingga saya bisa menyelipkan botol aqua ataupun meletakkan benda-benda lainnya dengan mudah diatas tangki motor saya.

belum sempat pake cargo net dalam touring tapi pasti ada manfaat untuk bawa barang yang berlebihan saat berkendara jarak jauh

Tali Elastis
Mirip seperti cargo net tali elastis atau kabel elastis (bungy cable) ini terbuat dari bahan elastis hanya saja bentuknya berupa kabel dengan panjang tertentu dan terdapat kait-kait pada kedua ujungnya.

Kegunaannya pun sama seperti cargo net hanya saja karena bentuknya yg seperti tali maka, tali elastis ini hanya efektif untuk benda-benda yang mempunyai bentuk kotak ataupun mendatar.

biasanya pake karet bekas ban dalam motor untuk tali menali barang bawaan yang berlebih

sumber:

http://imamarkan.multiply.com/journal/item/6

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s