Jalan waktu hujan

Jalan diwaktu hujan membutuhkan ketrampilan tersendiri setidaknya membutuhkan konsentrasi yang lebih fokus.

Nyalakan lampu besar (jangan nyalakan hazard) pada saat hujan, ini memudahkan kendaraan lain melihat keberadaan motor kita.

Kaca Helm buka sedikit, biar tidak berembun.

Jalankan kendaraan dengan hati-hati jangan ngebut, karena sangat berbahaya karena jarak pengereman diwaktu hujan jauh sekali lebih panjang dari pada saat jalan kering.

hati hati saat hujan karena licin dan bisa menyebabkan kecelakan

Hati-hati ketika menerjang genangan tipis, bisa jadi ada lubang yang tertutup oleh genangan air tersebut. Atau jika melintasinya dengan cepat hati-hati dengan efek aquaplaning, yaitu kehilangan daya cengkeram ban akibat gaya tekan/angkat air terhadap permukaan ban, jadi paling aman adalah lintasi dengan perlahan.

Sedangkan untuk melintasi genangan banjir, sebaiknya harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Sebaiknya tidak langsung menerjang masuk, amati ketinggian air sebatas apa, ini bisa diketahui dengan melihat batas air pada body mobil yang melintasi genangan tersebut.

Perhatikan juga ada motor lain yang berhasil melintasinya tidak, jika ada motor sejenis yang berhasil melintasinya dengan aman maka seharusnya motor kita juga bisa melewatinya. Jika tidak ada motor yang selamet ya jangan coba-coba mending cari jalan lain atau tunggu banjir sampai surut.

hindari banjir selalu mengungsi ke tempat yang aman

Ketika melintasi genangan banjir, jalankan motor dengan perlahan dan tenang jangan ngebut yang justru akan menciptakan gelombang besar yang menahan laju motor kita dan bisa naik menerjang mesin motor kita.

Setelah melewati banjir ujilah apakah sistem rem bekerja dengan baik atau normal, jika terasa blong lakukan teknik pembakaran kampas rem, yaitu menekan tuas rem sambil motor dijalankan. Lakukan beberapa saat sampai dirasakan rem kembali mulai menggigit (tidak blong lagi)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s