Kesiapan Fisik dan Mental

Kesiapan Fisik setidaknya menyangkut dua faktor yaitu pertama adalah kesehatan rider dan boncenger, yang kedua adalah ketahanan fisik rider dan bongcenger.

Kalau faktor kesehatan sih itu soal yang tidak bisa ditawar-tawar artinya kalau sedang tidak sehat sebaiknya turing di batalkan atau di tunda, jangan memaksakan diri untuk turing, resikonya terlalu besar.

Mengenai kesiapan Fisik dan mental dalam artian ketahanan fisik maka hal ini sangat diperlukan dalam melakukan solo turing. Mengingat perjalanan dilakukan secara solo dan memakan waktu yang cukup lama sehingga benar-benar dibutuhkan daya tahan fisik dan mental yang kuat. Untuk memperoleh kedua hal tsb sangat dianjurkan untuk melakukan latihan turing kecil terlebih dahulu.

Manfaat dari turing kecil ini adalah untuk mengetahui kemampuan diri kita sendiri, yg menyangkut daya tahan fisik seberapa lama kita mampu berkendaraan seharian dan termasuk efeknya terhadap mental kita, misal bosen, jenuh sehingga kemudian jadi emosi dan lain sebagainya.

Sedikit berbagi pengalaman sebelum saya melakukan solo turing saya yang pertama Jakarta – Surabaya pp sejauh 1.718km, maka saya melakukan beberapa turing kecil sebagai latihan.

Turing kecil yg pertama saya lakukan adalah rute Jakarta – Jonggol – Cianjur – Puncak – Jakarta, total jarak sekitar 220km. Turing kecil ini saya lakukan dengan anak saya (yg nantinya akan jadi boncenger pada turing yg sesungguhnya), dari turing ini saya mencoba melihat daya tahan saya dan juga daya tahan boncenger saya, sehingga kita bisa mengukur kemampuan diri kita sendiri.

latihan touring di lakukan jalur semarang dan jogja dengan rata rata jam tempuh 3 jam setiap akhir pekan

Apalagi saat itu musim hujan sehingga kami juga bisa melakukan test jas hujan yg kami miliki, kemudian juga kombinasi treknya yang naik turun dan berkelok membantu saya mengenali karakter mesin motor dan handling stylenya.

jas hujan sangat penting untuk tetap kering saat berkendara, maka harus di test dulu apakah bisa menahan air masuk atau tidak?

Turing kecil berikutnya saya lakukan dengan berputar-putar di jalanan jakarta, pada siang hari yang panas, sama juga ini tujuannya untuk melatih dan mengenal daya tahan fisik dan mental rider + bongcengernya.

Demikianlah dengan melatih diri kita akan mengetahui kemampuan kita baik fisik maupun mental dan dengan sendirinya akan makin mantap dalam mempersiapkan solo turing kita.

Sumber:

http://imamarkan.multiply.com/journal/item/8

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

