Lewat Bypass VS Lewat Tengah Kota

Sebagian besar kota-kota di Jawa, dan mungkin juga dikota-kota besar lain di Indonesia biasanya selalu dibangun jalan pintas (By Pass) agar beban lalulintas tengah kota tidak terlalu berat atau padat oleh kendaran dari luar kota yang sebenernya hanya ingin melintas saja dikota tersebut.

Biasanya rambu mengenai pilihan untuk lewat by pass atau lewat tengah kota dipasang menjelang masuk kekota ybs.

Sekarang terserah kita apakah akan lewat by pass atau lewat tengah kota. Hal-hal berikut ini bisa menjadi pertimbangan anda apakah akan lewat bypass atau lewat tengah kota.

Bypass umumnya jalannya baru, mulus dan lebar meski agak lebih jauh (melingkar) tapi biasanya lebih sepi dan lancar.

Lewat tengah kota, biasanya merupakan jalan lama, relatif sempit dan padat kendaraan, melewati tempat pusat aktifitas kota (pasar, alun-alun, kantor pemerintahan dll) seringkali macet – tapi kalo naik motor sih masih OK-OK aja koq.

Jika kita ingin mengejar waktu mungkin bypass merupakan pilihan terbaik, tapi kalo kita ingin kenal lebih jauh tentang kota yang kita lewati, tentang ke unikannya atau tentang suasananya walaupun hanya sepintas, maka jalur lewat tengah kota lebih baik.

Jika anda memutuskan lewat tengah kota harus diperhatikan aturan lalulintas yang berlaku dikota tersebut, di beberapa kota (seperti Bandung(Soekarno-Hatta), Kudus, Surabaya) mewajibkan pengendara motor lewat jalur khusus motor. Di Surabaya ada aturan menyalakan lampu siang hari.

Selain memperhatikan rambu yang ada, cara yang terbaik untuk mengenali aturan lalulintas lokal, yaitu dengan melihat pengendara motor lokal lainnya, jika kita lihat pengendara lokal masuk jalur khusus ya sebaiknya kita ikuti juga.

kalau ingin keliling indonesia dan melihat dengan dekat maka lewat kota saja yang penuh dengan sejarah

sumber:

http://imamarkan.multiply.com/journal/item/11

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s