Penyusunan atau penetapan waktu touring

Penyusunan dan penetapan waktu touring baik lamanya atau kapan sebaiknya touring dilakukan merupakan hal yang harus dipertimbangkan dalam menyusun rencana touring.

dua minggu satu pulau bolak balik maksimal dari satu kota dua hari dan hanya touring di siang hari

Touring yang dilaksanakan dalam musim kemarau akan berbeda persiapannya dengan touring yang dilakukan dalam musim hujan. Dalam musim hujan misalnya kita musti mewaspadai apakah touring kita melalui daerah2 rawan banjir, jangan sampai touring kita terjebak banjir. Untuk antisipasi hal ini biasanya saya selalu memantau berita-berita tentang banjir (baik dari surat kabar maupun internet), pemantauan ramalan cuaca (bisa dilihat di internet yahoo-weather dll) juga bermanfaat untuk membantu menentukan tindakan2 antisipatif. Sebaliknya kalau musim kemarau khususnya di pulau Sumatera biasanya adalah gangguan asap karana adanya kebakaran hutan atau lahan.

rencana akan touring kemarau saat hujan tantangan lebih banyak basah dingin jalan licin bisa banjir dan longsor. Juga untuk menyeberangan antar pulau juga lebih aman karena ombak laut tidak besar dan santai

Untuk touring yang dilaksanakan dalam musim liburan atau mudik juga harus memasukan pertimbangan2 tertentu misal tingkat kemacetan sehingga perlu dilakukan pemilihan jalur alternatif, atau faktor hotel yg penuh sehingga menyulitkan untuk bermalam dlsbnya. Hal-hal seperti ini perlu dimasukan dalam perencanaan touring.

Sedangkan lamanya touring sangat bergantung pada pemilihan rute, semakin panjang rute touring yang ditetapkan semakin lama waktu touring yg dibutuhkan.

2 minggu di sumatera, 2 minggu di sulaesi, 2 minggu di kalimantan, 2 minggu di nusa tenggara dan 2 minggu di papua. Semua perjalanan dimulai dari jawa sebagai titik temu dari satu pulau ke pulau yang lainnya maka total butuh 3 bulan

Untuk solo touring saya rasa perjalanan pulang pergi selama seminggu sudah cukup membuat kejenuhan bagi seorang biker, kecuali touringnya rame2 atau niat banget pengen menjelajah sendirian.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s