Perilaku di Jalan

* Sing Waras Ngalah
Dijalanan pantura khususnya ataupun dijalanan luar kota dimanapun, sering kali kita jumpai pengendara arogan yang bertindak semau gue. Contoh pada saat menyusul dari arah beralawanan kendaraan arogan ini (biasanya sih bus-bus luar kota) tetap ngotot mengambil jalur kita.

Untuk yang seperti ini walaupun kita ada di pihak yang benar, sebaiknya sih gak usah ngotot untuk tetap dijalur kita, ini bukan masalah salah-benar atau menang-kalah, ini masalah ketrampilan atau kearifan kita untuk tetap selamat (survive).

Jadi yang paling baik adalah kurangi kecepatan ambil posisi ketepi kiri, jika perlu siap-siap turun ke bahu jalan, berilah si arogan ini ruang bebas untuk menyusul. Menjengkelkan memang tapi kita pake rumus Sing Waras Ngalah aja deh (Yang Nggak Gila Ngalah)

hati hati sama bis dan truk banyak kecelakan di sebabkan oleh bis dan truk

* Hargai pengguna jalan lain
Jalan raya adalah milik kita bersama, karenanya kita patut menghargai pengguna jalan lainnya baik itu cuma pejalan kaki yang sedang menyeberang, ataupun becak yang kadang kelakuannya nyebelin.

Kalau ketemu sesama biker jangan saling ingin tunjukin kehebatan, cukup klakson dan acungi jempol tanda “we are brother”, syukur-syukur malah dapat teman seperjalanan.

Insya Allah kalau kita menghargai pengguna jalan lain kita akan mendapat kelancaran dijalan. Sebaliknya kalo kita arogan dijalan apalagi sampai mengundang sumpah serapah pengguna jalan lain, kuatirnya kita kena tulah (kualat) akhirnya ada saja hambatan yang muncul.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s