Perlu dibawa saat turing

Apa saja yang perlu dibawa (buat pengendara)?

Pertanyaan diatas buat yang sering berpergian tentunya mudah saja, tapi buat yang belum biasa pasti agak bingung juga untuk ?memutuskan apa saja yang harus dibawa.

Karena daya muat motor terbatas bahkan sekalipun sudah ditambahi dengan bagasi namun tetap saja daya muatnya sangat terbatas. Untuk itu kita harus selektif dalam memilih barang yang akan kita bawa, sehingga bisa masuk kedalam bagasi yang ada dan tidak perlu menggunakan tas atau ransel tambahan yang bisa mengganggu kenyamanan kita berkendara.

Kuncinya adalah hanya barang-barang yang benar-benar kita perlukan dijalan saja yang kita bawa.

Daftar barang yang perlu dibawa adalah sebagai berikut :

1. Pakaian
Bawalah pakaian yang praktis, dan ringkas, saya biasanya hanya membawa kaos-kaos T Shirt 4 – 5 buah, ini supaya mudah dilipat dan tidak makan tempat. Untuk pergi 5 – 6 hari saya hanya membawa dua celana jeans, satu untuk selama berangkat dan satu untuk pulang. Satu buah kain sarung untuk sholat jika celana saya kotor + sajadah tipis.

Satu sweater model kaos lengan panjang, gunanya selain untuk baju hangat dan sweater ini sekaligus bisa sebagai ganti jacket kalau jacket saya basah atau kotor.

Dua buah celana pendek biasanya saya gunakan untuk tidur.

Dua buah handuk ukuran sedang, kalau hotel menyediakan handuk maka saya pasti pakai handuk hotel.

Yang tidak bisa ditawar-tawar adalah pakaian dalam (CD) saya bawa full untuk ganti pagi dan sore setiap hari.

Jangan lupa bawa cadangan sarung tangan dan balaclava.

perlu bawa 5 setel pakian saja. Kalau kotor yang cuci pakaiannya saat istirahat

2.Obat-obatan
Apabila kita mempunyai penyakit tertentu maka bawalah obat untuk penyakit bawaan kita tersebut.

Selanjutnya adalah obat-obatan umum

*Obat sakit kepala, biasanya obat ini juga berguna untuk mengurangi rasa sakit atau nyeri karena sakit gigi dan lain sebagainya.
*Obat sakit perut, sebaiknya bawa yang punya sifat menyerap racun contoh norit dlsbnya. Obat sakit perut ini penting dibawa mengingat biasanya dalam perjalanan kita sering makan sembarangan.
*Obat anti alergi, contoh CTM kita perlu bawa obat ini mana tau kita alergi makanan tertentu. Atau alergi karena hal lain.
*Obat masuk angin, ini sangat populer untuk dibawa oleh biker maklum kena angin melulu.
*Selanjutnya adalah P3K seperti betadine, plester luka, obat gosok, kapas, tisue basah.
* Vitamin, ini diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh. (ini bukan suplemen penambah energie ya, tapi bener2 vitamin)
* Obat tetes mata, penting kalau mata lelah ataupun iritasi karena debu jalanan maupun kelelahan.

biasanya hanya bawa tolak angin saja itu sudah cukup dan kadang kadang permen fisherman friends untuk perjalanan

C. Uang

Seperti yang sudah diuraikan pada saat membahas budget, maka bawalah uang secukupnya. Tidak perlu membawa semua uang mulai dari awal start cukuplah uang sejumlah kebutuhan 2 hari kedepan. Selanjutnya bila butuh ambilah di ATM

Simpanlah uang di tempat yang terpisah, misal sebagian di dompet dan sebagian lagi dalam tas pakaian gunanya untuk berjaga-jaga apabila dompet hilang maka tidak seluruh uang menjadi hilang.

bawa uang itu penting duit yang di bawa perlu cukup untuk keperluan 3 hari kedepan. Maka setiap 3 hari perlu ke atm untuk ambil duit duit cukup untuk makan bensin dan akomodasi. Pada dasar bensin dan makan adalah yang terpenting karena akomodasi bisa di pom bensin, musola atau warung pinggir jalan.

D. Dokumen
Pastikan Surat Ijin Mengemudi (SIM) anda masih berlaku dan tidak tertinggal dirumah, demikian juga STNK kendaraan anda wajib dibawa, jangan bawa foto copy nya saja ini dianggap tidak sah oleh polisi.

KTP juga jangan lupa dibawa, mana tau ada operasi razia kependudukan seperti di Jakarta ini yang tidak bawa KTP didenda….hehehe

ktp dan sim menjadi penting saat keliling indonesia khususnya saat menyeberang pulau atau saat ada razia di jalan raya. Selama perjalanan pasti ada polisi yang memberhentikan maka kita harus siap

Surat Jalan dari kepolisian, sebenarnya ini perlu gak perlu sih, kalau bawa itu akan lebih sip lagi, apalagi kalo anda melintas didaerah rawan konflik, atau pas ada tawuran antar desa misalnya dengan adanya surat jalan dari kepolisian bisa menjelaskan siapa anda sebenarnya.

Daftar nomor telepon teman-teman klub motor anda dikota yang dituju atau dilintasi, ini akan sangat membantu jika motor anda mengalami masalah di jalan dan butuh bantuan, biasanya biker brotherhood antar temen di klub motor cukup kuat sehingga siap membantu kalau ada brothernya yang dalam kesulitan.

selain daftar nama teman teman teman juga penting daftar nama bengkel resmi kawasaki agar kalau terjadi apa apa bisa masukin motor ke bengkel

Kalau kita penggemar makan enak maka daftar tempat makanan yang enak di kota-kota yang akan kita lintasi juga layak dibawa.

Buka manual pemilik motor, sebaiknya dibawa karena disana ada cara-cara mengatasi kerusakan ringan, biasanya tercantum juga daftar alamat bengkel resmi motor anda diseluruh kota-kota di Indonesia.

buku manual hilang maka pake artikel dari internet aja dan forum diskusi online

Peta termasuk dalam dokumen yang harus dibawa, ini membantu kita untuk mengetahui posisi kita dan akan kemana selanjutnya, Jangan ragu untuk membuka peta pada saat istirahat ataupun makan, biasakan untuk mengevaluasi perjalanan kita setiap saat.

peta kertas maupun peta dalam gps sangat penting agar tidak hilang membantu kita saat bertanya tanya ke warga jalan

e. Gadget
Dalam era informasi seperti sekarang ini tampaknya hidup terasa ada yang kurang tanpa hadirnya peralatan Gadget ini. Karenanya jangan lupa bawa peralatan Gadget anda dalam setiap turing anda (HP, PDA, Ipod, Camera Digital, Cam Corder dlsbnya).

hanya perlu bawa netbook kecil dan juga blackberry untuk kebutuhan dokumentasi dan komunikasi

Jangan lupa bawa charger telepon genggam anda, plus jangan lupa isi pulsanya jika pakai kartu prabayar…hehehe, kalo pulsa abis kan sama juga boong….

Untuk yang gemar foto grafi sebaiknya bawa tripod camera anda supaya anda bisa leluasa mengabadikan setiap momen maupun pemandangan yang indah tanpa harus repot minta bantuan orang lain untuk mengambil foto anda.

Jangan lupa menyiapkan baterai cadangan ataupun charger baterainya.
Kira-kira itulah yang perlu dibawa dalam solo turing.
Untuk memudahkan biasanya saya membuat daftar periksa (Check List) dari semua barang yang akan saya bawa sehingga saya bisa mengecek mana yang belum saya bawa atau belum saya siapkan.

sumber:

http://imamarkan.multiply.com/journal/item/9

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s