Persiapan Motor untuk Turing

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu dilakukan untuk mempersiapkan motor sehingga siap untuk diajak bersolo turing :

1.Kenali penyakit bawaan motor kita.

Biasanya setiap motor mempunyai penyakit bawaannya sendiri-sendiri, maka dengan mengenali penyakit bawaan motor ini diharapkan kita sudah harus siap dan tahu cara mencegah atau memperbaiki penyakit bawaan sang tunggangan. Misal jika penyakit bawaan motor kita adalah sering overheated (panas berlebihan), maka kita kudu sering berhenti dinginin motor dulu, atau pasang oil cooler atau alat lain yg bisa meredam demamnya mesin ini.

Kelemahan motor klx adalah tidak ada indikator bensin kalau tidak perhitungan konsumsi bensin dan jarak tempuh bisa kehabisan bensin di tengah jalan. Berikutnya jok motor yang terlalu terepes bikin sakit saat duduk kelamaan jadi gempor perlu di tambah busa agar betah duduk berlama lama

2.Lakukan servis motor

Stel klep, bersihkan dan seting karburator sebelum turing, hal ini sebaiknya lakukan seminggu sebelum turing sehingga jika setelan dirasakan masih belum enak masih ada waktu untuk menyetel ulang. Kalo jago nyeting pekerjaan ini bisa dikerjakan sendiri tapi kalo nggak jago ya kasih aja ke bengkel resmi atau bengkel kepercayaan anda. Kalo saya sendiri terus terang gak pernah ngoprek mesin makanya selalu diserahkan ke bengkel resmi.

waktu mulai perjalanan keliling indonesia mulai dengan pulau jawa dan menyeberang ke bali langsung masukin motor di bengkel resmi agar mesin siap jarak jauh. Motor mesin di tune up sambil dilakukan ganti oli

3.Ganti olie motor sebelum turing,

Untuk lebih amannya ganti olie anda sebelum turing, walaupun mungkin oli dalam motor anda baru berumur 500km misalnya, hal ini setidaknya meyakinkan kita bahwa oli yg ada dimotor kuantitas dan kualitasnya terjamin – sehingga siap dibawa turing dan hati gak was-was.

ganti oli dengan oli bawaan dari kawasaki satu paket dengan servis motor tidak pake mikir he he he

4.Cek kelistrikan motor

Yakinkan bahwa aki dalam kondisi bagus, air aki tidak kurang, baut2 aki kencang, cek sambungan kabel apakah ada yg kendor. Cek semua fungsi lampu atau fungsi yang lainnya yang membutuhkan arus listrik, apakah bekerja semua dengan baik. Misal apakah lampu sein berkedip dengan normal, jika tidak mungkin komponen flashernya rusak atau ada hal lain. Klakson yang sember tidak nyaring mungkin disebabkan arus listrik yg tidak terpasok secara baik. Intinya kelistrikan harus dalam kondisi sehat kalau tidak, bisa-bisa turing kita dibuat repot karenanya.

jangan sampe lampunya mati atau rusak sebelum touring karena cahaya penting untuk saat berkendara di malam hari

5.Velg dan Ban.

Ban standar bawaan pabrik sebenarnya cukup mumpuni untuk dibawa turing – hanya kita harus paham karakter bawaannya misal apakah licin dikala hujan atau tidak, jadi kita bisa tetap waspada.

Jika alur ban sudah gundul sebaiknya ganti yang baru, jangan nekat turing dengan ban gundul terlalu berbahaya.

Untuk menghindari ban bocor ada dijual orang cairan anti bocor untuk dimasukan dalam ban, namun ada yang bilang adanya cairan dalam ban ini menyebabkan handling motor kurang enak, entahlah wallahualam – saya sendiri dulu pernah menggunakan cairan semacam ini tapi karena tetap bocor (konon cairan ini hanya efektif untuk yg menggunakan ban tubeless, yg menggunakan ban dalem tetep aja bocor) maka saat ini saya tidak menggunakan cairan semacam itu lagi, mengenai efek ke handling sih kayaknya biasa aja tapi entah kalo dimotor lain.

Mengenai Velg, kalau saya pribadi bilang pelek jari-jari jauh lebih aman untuk dibawa turing. Velg Racing apalagi yang racing-racingan (Variasi) rasanya tidak terlalu aman untuk dibawa turing.

Maklum jalanan di Indonesia tau sendiri kan kondisinya banyak lubang dijalan. Sebaliknya velg racing itu dirancang untuk disirkuit (namanya aja velg racing), dan mana ada sirkuit yg berlubang-lubang – kecuali sirkuit motocross kali ya… dengan demikian sangat kontradiktif antara fungsi velg racing yg memang di desain untuk jalanan mulus dengan kondisi jalanan turing yang akan dilalui.

Dan sudah terbukti dari pengalaman beberapa teman-teman yang mengalami velg racingnya retak atau bahkan pecah setelah menghajar lubang jalanan dalam kecepatan tinggi.

Sebenernya tidak ada yang salah dengan velg racing, apalagi kalo itu dari bawaan pabriknya sono sudah pake velg racing, yang salah ya kondisi jalanannya. Jadi kalo mau tetep mempertahankan velg racing untuk turing, maka harus jago menghindari lubang, atau kalo kena lubang juga sebaiknya jangan dalam kecepatan tinggi.

Untuk penggunaan velg jari-jari sebaiknya sebelum turing lakukan penyetelan velg dulu. Ini dimaksudkan agar lari motor stabil.

Jika bearing roda sudah oblag sebaiknya ganti sekalian pada saat setel velg ini. Demikian juga karet gear (damper) jika sudah tidak ngepress lagi sebaiknya ganti atau bisa juga dilapis dengan karet ban dalem (ini kalo mau ngirit ya).

Pekerjaan lain lagi yang dapat dilakukan selagi setel velg ini adalah ganti kampas rem. Untuk kampas rem sebaiknya jangan beli yang abal-abal ini urusannya terkait dengan keselamatan dan nyawa kita jadi jangan ambil resiko.

Tuhkan dengan setel velg dua – tiga pulau terlampaui eh salah dua – tiga pekerjaan sekaligus bisa dilakukan dan hasilnya kita yakin bahwa ban dan velg juga rem tidak bermasalah – siap diajak turing.

Khusus untuk Yamaha Scorpio, waktu pelek dibongkar bisa sekalian ngecek arm relay dan conrod kaki-kaki belakang scorpionya. Silahkan dibongkar dan kasih gemuk kalo masih bagus, kalo udah oblag ya baiknya diganti.

untuk motor klx standarnya pake jari jari dan lebih cocok untuk medan off road maupun di jalan raya. Ini sudah siap menjelajah keliling indonesia

6.Tentang Knalpot
Memang benar dengan knalpot racing performa motor bisa terdongkrak, dan suara mesin terdengar gahar, tapi banyak juga yang cuma suaranya aja kayak kaleng rombeng tapi larinya gak ada – yg kayak gini mendingan copot aja dah. Apalagi konon dibeberapa daerah ada aturan yang melarang penggunaan kenalpot racing ini. Karena aturannya sendiri tidak jelas maka bisa saja hal ini mengundang polisi iseng untuk menyetop motor kita dan memper-masalahkan tentang kenalpot ini, kalo udah gini kita sendiri yang nantinya jadi repot.

Belom lagi kita tidak tau adat istiadat masyarakat di daerah yang akan kita lalui, jangan sampai begitu lewat suatu kampung kita ditimpukin orang sekampung, gara-gara suara kenalpot kita yang mengganggu ketenangan kampung tersebut.

Jadi sebaiknya lah sebagai pelintas atau pendatang bersikap sopan dan menjaga ketenangan. Untuk itu sebaiknya kenalpot racing di istirahatkan dulu ganti ke standar, kalau mau pake juga sebaiknya suara kenalpotnya di bekap – pake apaan gitulah. Yang penting jangan meraung-raung gitu.

Lagipula dengan mengembalikan ke knalpot standar konsumsi BBM bisa jadi lebih irit.

knalpot klx banyak yang bilang kurang garang dan mirip suara motor bebek tapi suaranya memang halus dan posisinya tinggi maka apabila melewati wilayah banjir yang tingginya satu meter masih berani melewati

7.Tentang Kaca Spion
Kaca yang satu ini sering kali dianggap membuat tampilan motor jadi culun, makanya banyak biker yang mencopot kaca spion ini, atau menggantinya dengan kaca spion variasi yang dipandang lebih cocok dan terkadang imut2 serta ala kadarnya.

Padahal fungsi kaca spion ini tidak main-main, gunanya adalah untuk memantau posisi kendaraan lain dibelakang kita. Tidak memantau posisi kendaraan lain dibelakang sering kali menjadi penyebab kecelakaan yang dialami pengendara motor. Hal ini karena jalanan adalah milik kita bersama, disana ada berbagai kendaraan yang menggunakan jalan secara bersamaan dengan kita. Sehingga kita wajib mengetahui posisi kita terhadap posisi kendaraan lain khususnya yang berada dibelakang kita.

Untuk turing sebaiknya kembali pasang kaca spion standar bawaan motor, kemudian atur posisinya sehingga bisa melihat kendaraan di belakang kita. Dari salah satu sumber yang saya baca mengatakan bahwa ukuran ideal posisi kaca spion ialah jika bayangan yang telihat di kaca spion 80% nya adalah situasi dibelakang bikers, sedangkan 20% adalah tubuh biker itu sendiri.

Apabila tetap ingin mempertahankan spion variasi, maka sebaiknya diatur posisinya sehingga dapat memantau posisi kendaraan dibelakang.

Satu hal lagi yang mesti dipahami mengenai kaca spion ini yaitu masalah blind area, atau area yang tidak ter-cover oleh kaca spion, contoh dari gambar diatas posisi motor berada di blind area dari mobil sedan, jika sipengemudi mobil melihat ke spion kirinya maka tidak akan tampak adanya motor di kaca spionnya. Ini bisa membahayakan jika tiba2 sipengemudi membelok ke kiri.

Sebaiknya kita mesti waspada bila posisi motor kita berada di blind area ini. Jika kita masuk ke blind area suatu kendaraan dan pada saat itu kita sedang ingin mendahuli atau berjalan beriringan dengan kendaraan tersebut maka salah satu cara untuk memberitahukan keberadaan kita adalah dengan membunyikan klakson.

Untuk mengetahui apakah kita masuk atau tidak dalam blind area suatu kendaraan, adalah dengan cara melihat ke kaca spion kendaraan ybs, jika kita bisa melihat sipengemudi maka seharusnya sipengemudi juga bisa melihat kita, artinya kita tidak dalam posisi blind area.

supion tetap pake yang standar pabrik yang mirip apem he he he🙂

Sumber:

http://imamarkan.multiply.com/journal/item/4

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s