Istirahat di Jalan

* Lakukan setiap merasa lelah.
Rumusan terbaik kapan kita harus istirahat sebenernya mudah saja, ya lakukan saja istirahat setiap kita merasa lelah. Umumnya sih setelah 3 jam-an berkendaraan biasanya kita merasa lelah. Gimana kalo sudah lewat 3 jam tapi belom merasa lelah, sebaiknya tetap lakukan istirahat maksimal setelah 4 jam berkendara, mungkin kita belom lelah tapi motornya mungkin sudah mulai lelah. Jadi istirahat bukan cuma buat tubuh kita, mesin motor perlu juga diistirahatkan beberapa saat.

Lakukan setiap 250 km dan waktu untuk isi bensin full tank kembali mungkin butuh setap 4 – 50jam sekali. Cari pomp bensin yang jual pertamax biasa lebih besar tempatnya ada musola dan toilet yang bersih.

Jangan lupa untuk perbanyak minum, mengingat kita menggunakan turing gear yang cukup panas maka biasanya kita akan berkeringat cukup banyak, karenanya perlu banyak minum agar tubuh tidak sampai dehidrasi.

Sehari bawa bekal minum air putih kemasan 1.5 liter itu cukup sekedar untuk minum dan membasahi bibir dan tenggorokan. Saat beristirahat cukup dengan tiduran, duduk atau merenggan otot otot khususnya yang di pantat, tangan dan kaki. Satu jam istirahat pegal di pantat sudah hilang dan bisa melanjutkan touring kembali.

Biasanya setelah menempuh perjalanan satu atau dua hari ada rasa jenuh dijalanan, hal ini saya atasi dengan cara antara lain, berzdikir sepanjang jalan (buat yg muslim tentunya) atau kadang dengan membuntuti biker lokal ataupun biker lain yang motornya lebih cepat dari kita. Ingat hanya membuntuti bukan kebut-kebutan dan selain itu kita harus tetap menjaga kondisi motor kita, jadi waktu membuntuti gak perlu gas pol.

tempat yang aman

Tempat-tempat berikut dari pengalaman saya cukup aman sebagai tempat beristirahat.

Pom Bensin, pilihlah pom bensin yang besar dan cukup luas serta fasilitasnya lengkap, ada toilet, mushola, minimarket dan lain sebagainya.

Masjid, carilah masjid yang cukup besar, bersih dan parkirannya cukup luas dan aman. Disini untuk teman-teman yang muslim bisa sekalian menunaikan kewajiban sholat, apalagi air wudlu bisa mengembalikan kesegaran kita. Buat teman-teman muslim saya sarankan sholatnya di jama qashar, atau menggabungkan dua sholat dalam satu waktu dan memendekkan rakaatnya yang empat rakaat menjadi dua rakaat. Karena hal ini merupakan kemudahan yang diberikan Allah kepada kita apabila kita dalam perjalanan (tentunya syarat-syarat perjalanannya harus dipenuhi ya, kalau gak salah diatas 80km). Terus terang dengan melakukan sholat jama-qashar ini saya rasakan sekali kepraktisan dan kemudahannya.

Rest Area wisata, biasanya didaerah tertentu yang ada obyek wisatanya kadang ada menyediakan rest area yang cukup luas dan bersih lengkap dengan warung makannya. Salah satunya yang pernah saya kunjungi pada saat melintas di hutan jati Sragen ada rest area yang dikelola Perhutani (CMIIW).

Restoran yang cukup besar, kalau ini sih sekalian isi perut….hehehe

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s