Exploride di palembang 2

Palembang, 24 Februari 2011

08.00 – 14.00
Hari ini saya mendapatkan istirahat yang cukup untuk persiapan perjalanan menuju lokasi berikutnya yaitu obyek wisata pertama di kota Palembang, pulau Kemaro ( Kemarau). Sebelum itu saya sempatkan makan pagi dan berbicara santai dengan pak Petrus Ong di coffee shop sebelum kita berangkat dan menunggu team bersiap menuju ke lokasi. Akhirnya kami berangkat menuju ke pulau Kemaro dengan terlebih dahulu menuju salah satu pangkalan ‘ketek’ panggilan dari sampan tradisional di tepian sungai Musi.

Perjalanan ke pulau Kemaro akan kami tempuh dalam 20 menit, ternyata pulau Kemaro adalah sebuah delta yang terletak di sungai Musi. Menurut legenda (sebagian meyakini sebagai sejarah) masyarakat setempat konon delta ini timbul sebagai bukti cinta Putri Siti Fatimah (salah satu putri dari kerajaan Sriwijaya) kepada calon suaminya. Ceritanya sendiri agak mirip dengan cerita Romeo & Juliet atau Sampek Eng Tay. Atas cerita dari legenda tersebut masyarakat pun meyakini kalau gundukan tanah itu merupakan nisan sepasang kekasih itu. Lama kelamaan, seiring berjalannya waktu gundukan tanah itu makin membesar dan jadilah delta seperti sekarang ini. Nama “Pulau Kemarau” ini sendiri diberikan oleh masyarakat setempat karena pulau ini selalu kering dan tidak pernah hilang tenggelam, bahkan ketika air sungai Musi pasang besar sekalipun. Akhirnya kami bersandar juga di pulau Kemaro, walaupun insiden kecil terjadi sebelum kami bersandar. Ketek yang kami tumpangi mengalami kerusakan mesin sekitar 500 meter dari pulau Kemaro, sehingga harus ditarik oleh oleh ketek lain yang kebetulan juga kami sewa untuk mengangkut team produksi. Terdapat sebuah Pagoda yang dibangun pada tahun 2006 untuk mengenang legenda Puti Siti Fatimah dan calon suaminya. Setelah mengabadikan beberapa dokumentasi video dan foto di lokasi tersebut, kami meninggalkan pulau Kemaro untuk makan siang dan merasakan makanan khas Palembang di salah satu food court terkenal di jalan Veteran kota Palembang.

14.00 – 17.00
Team segera menuju food court di jalan Veteran karena perut kami sudah keroncongan, disana kami disambut oleh pengelola food court bapak Mochtar. Beliau juga mem-promosikan beberapa makanan khas Palembang seperti: soto Cinde, roti Cane, ikan Pindang Patin, mie Celor dan Tekwan. Team lahap memakan beberapa makanan yang disediakan, disamping itu kami juga mengambil beberapa stok dokumentasi foto dan video untuk kepentingan program Indonesia Exploride. Setelah perut kami kenyang, team kembali ke hotel untuk beristirahat sejenak. Tuan rumah pak Petrus Ong telah menyiapkan makan malam untuk team di salah satu ruang serba guna di hotelnya.

17.00 – 22.30
Setelah istirahat sejenak, tepat pukul 18.30 telpon dikamar berdering dan memanggil kami untuk segera turun ke ruang serba guna di lantai 2, kami cukup terkejut karena pak Petrus telah menyiapkan menu makan malam yang formal dan sebuah pagelaran tari tradisional ‘Gending Sriwijaya’. Sebuah tarian sakral yang selalu ditarikan dalam rangka menyambut tamu kehormatan atau tamu agung yang datang ke Palembang, biasanya tarian ini ditarikan minimal oleh 9 orang penari. Penari yang tengah pada zaman kerajaan Sriwijaya adalah sang putri atau tuan putri dari kerajaan tersebut. Pada akhirnya tamu agung akah disuguhkan sekapur sirih sebagai tanda selamat datang. Pak Petrus juga memberikan sebuah kenang-kenangan berupa kipas dari songket Palembang yang telah di pigura kepada team Indonesia Exploride, kami sangat terkesan dengan penyambutan dan keramah tamahan pak Petrus sebagai tuan rumah di kota Palembang. Setelah acara informal tersebut, kami segera meninggalkan ruang serba guna untuk kembali beristirahat. Sesuai rencana saya harus mempersiapkan motor untuk diseberangkan ke pulau Bangka melalui pelabuhan Tiga Lima Ilir, Palembang besok pagi jam 09.00.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s