exploride di palemvbang 1

Palembang, 23 Februari 2011

09.00 – 12.00
Badan terasa masih sedikit letih sisa perjalanan panjang dari Way Kambas ke Palembang, sesuai jadwal hari ini team sudah ditunggu dengan teman-teman Djarum Foundation di restoran Sudi Mampir yang terletak hanya beberapa blok dari hotel tempat kami menginap. Restoran tersebut adalah rumah makan khas Palembang yang menyediakan berbagai makanan seperti otak-otak dan pempek, ini adalah jadwal wisata kuliner kami yang pertama dari beberapa jadwal wisata kuliner yang akan kami coba dan singgahi di berbagai provinsi di Indonesia.

Pada kesempatan ini, team Indonesia Exploride juga kedatangan tamu spesial seorang bintang tamu dari Jakarta yang berasal dari Palembang, Jessica Iskandar. Bersama Jessica, saya dan Ditto akan menikmati wisata kuliner khas setempat sekaligus melihat beberapa obyek wisata yang akan menjadi ciri khas kota Palembang. Sayangnya team bangun sedikit kesiangan dan baru menyempatkan makan pagi sekitar jam 09.30 pagi, setelah berkumpul di coffee shop hotel Lembang team segera membahas rencana kerja hari ini dan mempersiapkan berbagai keperluan untuk pengambilan dokumentasi video dan foto yang telah dijadwalkan. Team berangkat menuju lokasi tepat pukul 12.00, setibanya di lokasi team segera mempersiapkan peralatan dan skenario sebelum Jessica Iskandar tiba di lokasi.

12.00 – 17.27
Pada akhirnya, saya dan Ditto untuk pertama kalinya dipertemukan dengan sang bintang tamu Jessica Iskandar. Setelah menerima brief dari Executive Producer, Edo Sitanggang kami segera melakukan beberapa adegan yang diperlukan dalam pengambilan dokumentasi video maupun fotografi. Kami berdua sempat berbincang dengan Jessica seputar kota Palembang dan berbagai hal lainnya, setelah acara pengambilan dokumentasi di restoran Sudi Mampir selesai kami segera bergegas menuju lokasi peninggalan sejarah benteng Kuto Besak yang terletak hanya beberapa blok dari lokasi restoran. Pada kesempatan ini, saya mendapatkan kehormatan untuk menghantar Jessica menuju lokasi benteng Kuto Besak dengan motor BMW F 800 GS. Banyak pertanyaan Jessica seputar motor BMW pada saat perjalanan menuju lokasi, sedapatnya saya mencoba menjawab ketertarikan Jessica dengan baik. Setibanya di lokasi, kami segera menyelesaikan tuntutan skenario di lokasi dan menyempatkan berfoto bersama di tepian sungai Musi dengan latar belakang jembatan AMPERA. Setelah itu team menuju lokasi pengambilan gambar berikutnya, Zainal Songket.

17.27 – 22.00
Masih bersama Jessica Iskandar, kami berdua menuju lokasi toko Songket khas Palembang yang terkenal yaitu Zainal Songket. Team Indonesia Exploride disambut oleh bapak Husaini pengelola toko Songket tersebut. Sambil melakukan pengambilan dokumentasi video dan foto kami bertiga banyak belajar tentang sejarah Songket khas Palembang, motif serta cara pembuatannya. Bahkan, kami menyempatkan diri melihat cara pembuatan Songket khas Palembang secara dekat yang diperagakan oleh beberapa penenun profesional.

Banyak pelajaran yang kami dapat dalam satu hari ini, mulai dari wisata kuliner, obyek wisata bahkan budaya Palembang yang kaya akan keaneka ragaman. Pada akhirnya, selesai sudah pengambilan dokumentasi video dan foto seputar budaya dan pariwisata dari kota Palembang bersama Jessica Iskandar. Akhirnya kami berpamitan, karena besok pagi Jessica harus kembali ke Jakarta dan kami masih harus mengambil beberapa dokumen penting seputar budaya dan pariwisata di kota Palembang. Akhirnya kami kembali ke hotel dan pada kesempatan yang sama bapak Petrus Ong pemilik hotel Lembang mengajak team untuk bersantai sejenak dan menikmati hidangan malam khas kota Palembang yaitu Martabak HAR. Team juga berkesempatan bersantai dengan ber-karaoke ria di lantai 5 hotel Lembang sebelum kembali ke peraduan.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s