Exploride di jambi 2

Jambi, 6 Maret 2011

07.00 – 14.00

Hari ini ada 2 agenda atau jadwal yang akan kami laksanakan, salah satunya adalah wisata kuliner khas masakan rumah Jambi. Setelah itu kami akan menuju situs purbakala candi Muara Jambi yang teletak di Kabupaten Muaro Jambi, provinsi Jambi. Setelah makan pagi dan menyiapkan peralatan yang kami butuhkan untuk perjalanan siang ini, saya menyempatkan menyelesaikan jurnal sebelum berangkat ke rumah keluarga besar Edo Sitanggang yang ternyata adalah putra kelahiran Jambi. Mungkin saya lupa ceritakan, keluarga besar Edo telah banyak membantu team Indonesia Exploride selama di Jambi yang telah menjamu team dengan akomodasi terbaik serta keramah tamahan mereka yang telah meng-hantar kami kesana-sini melihat sisi keindahan kota Jambi. Tepat waktu makan siang team tiba di rumah kediaman paman Edo yaitu om Ismed yang bekerja sebagai salah satu pejabat Pemerintahan Daerah di kota Jambi. Berbagai masakan khas melayu Jambi telah dihidangkan agar kami dapat nikmati, salah satu main course yang khas adalah ‘Tempoyak’ semacam kari yang salah satu bahan-nya adalah durian yang diasamkan dan biasanya disuguhkan dengan ikan Rengas yang banyak dijumpai di sungai Batanghari. Selain itu ada makanan pencuci mulut yang disebut dengan ‘Padamaran’ yang terbuat dari tepung beras yang di-isi dengan gula merah dan santan. Akhirnya team menyantap makanan tersebut dengan lahap, saya menyempatkan shalat dzuhur sebelum berangkat menuju ke lokasi situs purbakala candi Muara Jambi yang hanya berjarak sekitar 30 menit dari rumah kediaman om Ismed.

10.00 – 16.30
Kami segera bergerak menuju lokasi situs purbakala candi Muara Jambi dan akhirnya tiba di lokasi dan disambut oleh mas Subrata salah satu pemandu resmi yang akan memberikan team kami penjelasan seputar sejarah candi. Ada yang menarik dari perjalanan kami di lokasi tersebut, Ditto mencoba menaiki salah satu kendaraan tradisional sejenis becak untuk mengangkut beberapa peralatan kami yang cukup banyak.

Ketika saya sedang berbicara dengan mas Subrata, tiba-tiba dari kejauhan terdengar suara orang minta tolong. Rupanya Ditto dan becaknya terjerambab di salah satu jalanan kecil yang dibuat agar kendaraan dapat dengan leluasa masuk ke area pelataran candi, saya terdiam sekaligus tertawa melihat kejadian itu. Akhirnya saya menuju lokasi kejadian dan membantu Ditto mengangkat becaknya kembali ke jalur kendaraan tersebut, rupanya dia mencoba menghindar dengan kendaraan motor yang lewat berpapasan dengan becaknya. Namun apa daya, karena kehilangan kemudi dan becak tersebut akhirnya terjerembab (ada-ada saja sih om Ditto). Kami lanjutkan wawancara dan pengambilan beberapa dokumentasi foto dan video yang kami perlukan seputar sejarah candi Muara Jambi yang pada abad ke-7 dibuat sebagai pusat pendidikan oleh kerajaan Sriwijaya dan merupakan pusat kegiatan belajar dan beribadah bagi penganut agama Budha. Setelah cukup mendapatkan semua yang kami inginkan seputar situs bersejarah ini, kami berpamitan dengan mas Subrata dan segera kembali ke kota Jambi melewati salah satu jembatan yang sekarang menjadi sarana rekreasi masyarakat kota Jambi yaitu jembatan ‘Aur Duri II’.

16.30 – 22.00
Rupanya jembatan Aur Duri II merupakan salah satu lokasi favorit bagi para pemuda dan pemudi kota Jambi untuk berkumpul di hari libur layaknya lintas Melawai di era tahun 80-an yang lalu. Dimana mereka berkumpul di pinggiran jembatan dan bersenda gurau bersama-sama para sahabatnya untuk menghabiskan waktu. Sambil melewati jembatan tersebut, team mengambil beberapa dokumentasi foto dan video untuk menambah stok visual di kota Jambi. Setelah itu kami langsung menuju kota Jambi dan mencoba pempek Sumsel yang terkenal di kota Jambi sebelum kembali ke hotel. Rupanya pempek Sumsel memang enak rasanya, setelah semuanya merasa kenyang kami segera kembali ke hotel tempat kami menginap untuk beristirahat. Kami tidak ingin beristirahat terlalu malam, karena besok kami akan melakukan perjalanan yang cukup jauh menuju Siak di provinsi Riau Daratan.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s