Exploride di pangkal pinang 3

Pangkal Pinang, 28 Februari 2011

07.00 – 12.00

Pagi yang cerah di kota Pangkal Pinang, setelah makan pagi team Indonesia Exploride segera mempersiapkan peralatan untuk wawancara dengan seorang tokoh masyarakat yang juga the founding fathers dari provinsi Bangka Belitung, bapak Amung Tjandra. Saya mencoba mendapatkan wawancara dengan beliau setelah membaca koran pagi yang bercerita tentang sepak terjang beliau dalam memperjuangkan Bangka Belitung menjadi provinsi serta seseorang yang cukup disegani dan dihormati oleh masyarakat setempat yang secara kebetulan juga telah meluncurkan sebuah buku berjudul “Inspirator” yang menceritakan tentang perjuangan-nya, saya pikir kesempatan yang langka ini tidak akan saya sia-siakan begitu saja.

Kami berjanji untuk wawancara dengan beliau sekitar jam 08.00 di rumah-nya. Kami tiba di sebuah rumah yang sederhana dengan sambutan yang hangat dari tuan rumah, wawancara berjalan dengan lancar dan saya banyak belajar dari seorang Amung Tjandra tokoh lintas generasi, etnis dan agama yang sungguh luar biasa dan sangat mem-bumi. Secara kebetulan kami juga diperkenalkan oleh penulis buku “Inspirator” seorang anak muda yang idealis dan penuh semangat, bapak Achmadi Sofyan. Setelah mendapatkan kenang-kenangan buku “Inspirator” yang telah ditanda tangani oleh bapak Amung Tjandra dan bapak Achmadi Sofyan dengan sebuah catatan khusus bagi team Indonesia Exploride untuk tetap semangat dan mencintai warisan budaya dan pariwisata negri tercinta Indonesia.

Setelah menyempatkan berfoto bersama, team segera kembali ke hotel untuk melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Pangkal Balam dan naik kapal ferry cepat menuju pulau Belitung.

12.00 – 19.30
Setelah semua peralatan yang disortir dipindahkan dari mobil pendukung dan motor kedalam kendaraan sewa yang akan menghantar kami ke pelabuhan Pangkal Balam selesai, pada akhirnya kami tiba di pelabuhan tersebut tepat pukul 12.00 dan menunggu waktu keberangkatan kapal yang telah ditentukan pada jam 13.00. Ada kejadian lucu pada momentum tersebut, dimana salah satu personil kami yaitu Reza Fahlevi (scriptwriter) tertinggal di hotel dan salah satu mobil harus menjemputnya kembali karena team cukup sibuk memindahkan barang. Sambil menunggu keberangkatan kapal yang terlambat, kami semua memutuskan untuk makan siang seadanya di pelabuhan Pangkal Balam. Akhirnya kapal ferry kami berangkat menuju pelabuhan Tanjung Pandan kepulauan Belitung tepat pukul 14.30, perjalanan akan ditempuh selama kurang lebih 4 jam. Walaupun perjalanan kami tempuh dengan waktu yang cukup singkat, namun kondisi cuaca pada saat perjalanan cukup parah, banyak penumpang yang mabuk laut termasuk diri saya yang masuk angin bukan karena terombang ambing dengan ombak namun karena terkena AC yang langsung ke kepala saya. Badan terasa tidak enak dengan perut yang mual, akhirnya team sampai di pelabuhan Tanjung Pandan kepulauan Belitung dan disambut dengan tuan rumah disana bapak Agus Pahlevi. Team segera menuju Manggar di wilayah Belitung Timur yang ditempuh selama kurang lebih 1.5 jam dengan terlebih dahulu makan malam di salah satu restoran sea food yang terkenal di Belitung.

19.30 – 23.00
Akhirnya team sampai juga di kota Manggar dan kami segera check-in di salah satu losmen sederhana Nusa Indah yang cukup bersih dan layak sebagai sarana akomodasi. Setelah briefing untuk persiapan pengambilan dokumentasi video dan foto ke-esokan harinya, saya segera menyempatkan untuk beristirahat dan menyiapkan jurnal perjalanan yang sudah terhutang beberapa hari karena padatnya jadwal perjalanan. Teman-teman menyempatkan mencoba kopi Manggar yang terkenal di warung kopi yang terdekat dengan hotel sebelum kembali ke peraduan. Karena kami akan mencoba mengejar pengambilan gambar video dan foto sun rise di pagi harinya di sekitar pantai Serdang, Belitung Timur