Exploride di pangkal pinang 4

Pangkal Pinang, 2 Maret 2011

05.00 – 07.00
Kami harus bangun lebih pagi kali ini untuk mengejar kapal ferry pertama menuju pulau Bangka, jadwal kapal yang akan kami tumpangi seharusnya berangkat pukul 07.00 waktu setempat. Sepertinya kami akan sedikit terlambat untuk sampai ke pelabuhan, karena sebagian team bangun sedikit siang dari waktu yang ditentukan. Akhirnya kami berangkat dengan sisa waktu yang cukup tipis dengan jadwal keberangkatan tersebut. Sesampainya di pelabuhan, ternyata kapal masih menunggu kami dan jadwal keberangkatan sedikit mundur karena banyaknya muatan dan penumpang yang akan menuju ke pulau Bangka.

07.00 – 12.00
Akhirnya kapal ferry berangkat menuju pulau Bangka tepat pukul 08.00, estimasi perjalanan kembali ke pulau Bangka akan ditempuh selama kurang lebih 4 jam. Perjalanan kali ini kami tempuh dengan kondisi cuaca yang lebih baik, ombak yang tenang membuat kami semua terlelap tidur diatas kapal ferry dan tidak terasa sudah dekat dengan pelabuhan Pangkal Balam di pulau Bangka. Setelah merapat, kami dijemput dengan kendaraan minivan yang kami sewa dari hotel Aston Soll Marina. Kendaraan tersebut menghantar kami semua menuju hotel untuk mengambil kendaraan motor besar dan mobil yang kami titipkan selama melakukan perjalanan ke pulau Belitung. Setibanya di hotel kami segera bergegas memindahkan barang-barang kami kedalam kendaraan karena sudah ditunggu dengan Kombes Guntur W. Kepala Biro Operasional Polda Babel untuk wawancara.

12.00 – 19.00
Team Indonesia Exploride diterima di Polda Babel oleh Kombes Guntur W. untuk melakukan wawancara seputar peran Polisi dalam meningkatkan industri pariwisata di daerah atau wilayah kekuasaan-nya. Sebagian team mempersiapkan peralatan untuk wawancara tersebut dan sebagian lagi berusaha mencari bekal nasi bungkus untuk dapat kami nikmati dalam melakukan perjalanan ke pelabuhan Tanjung Kelian untuk melanjutkan perjalanan kami ke Palembang. Rasa was-was saya rasakan sambil melakukan wawancara, saya sedikit khawatir karena banyak kemungkinan team akan tertinggal kapal ferry yang sudah kami pesan untuk keberangkatan pada pukul 17.00 waktu setempat. Akhirnya wawancara berakhir, atas kebaikan Polda Babel kami diberikan pengawalan kendaraan agar dapat mencapai pelabuhan tepat waktu. Sebelum berangkat Kombes Guntur W. menyempatkan menjajal motor BMW F 800 GS karena penasaran, ternyata beliau juga penggemar motor besar. Setelah berpamitan dengan pak Guntur, team pun melaju menuju pelabuhan Tanjung Kelian. Dengan pengawalan dari Polisi kami berhasil tiba di pelabuhan pada pukul 16.30, sekali lagi keadaan masih berpihak kepada kami. Ternyata kapal ferry yang akan kami tumpangi baru saja tiba dan akan segera bersandar, untuk itu kami masih harus menunggu lagi proses bongkar muat sebelum keberangkatan menuju Palembang.

19.00 – 04.00
Akhirnya kami semua dapat naik ke atas kapal ferry setelah proses bongkar muat selesai, kapal berangkat tepat pukul 19.00 dan mengalami keterlambatan hampir 2 jam dari rencana keberangkatan. Kami bersyukur kapal ferry yang kami tumpangi cukup besar dan cepat sehingga rencana waktu tempuh menuju Palembang dapat kami tempuh lebih cepat, dan yang terpenting saya dan team dapat beristirahat atau meluangkan waktu untuk tidur walaupun dalam kondisi yang sederhana. Tepat pukul 04.00 kapal ferry tiba di pelabuhan Tiga Lima Ilir (Tangga Buntung), Palembang.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s