Exploride di Batam

Batam, 12 Maret 2011

08.00 – 11.00

Pagi yang cerah di kota Batam, hari ini jadwal saya yang pertama adalah melakukan wawancara dengan General Manager hotel Planet Holiday tempat kami menginap. Rupanya, bapak Sonny K.J. Lim bukan orang asing bagi diri saya. Pada saat saya masih bekerja di pulau Batam, bapak Sonny Lim adalah salah satu General Manager yang cukup senior dan populer di kota Batam. Saya dan Ditto terlebih dahulu menyempatkan untuk makan pagi sebelum melakukan wawancara tersebut, akhirnya saya berjumpa kembali dengan bapak Sonny Lim yang ditemani oleh ibu Jun sekretarisnya. Kami berbincang seputar prospek pariwisata di pulau Batam serta bernostalgia sejenak, wawancara berjalan dengan lancar karena bapak Sonny Lim memang terkenal humoris dan ramah. Pada akhirnya kami sudahi wawancara dan berterima kasih kepada bapak Sonny Lim dan pemilik hotel bapak Karto yang telah berbaik hati memberikan akomodasi kepada team Indonesia Exploride selama kunjungan ke pulau Batam.

11.00 – 17.00
Agenda berikutnya adalah kunjungan ke Vihara Budha Duta Maitreya yang terletak di Sei Panas (Bukit Beruntung), ini adalah salah satu vihara yang terbesar di Asia Tenggara dan didirikan oleh umat Budha yang berdomosili di pulau Batam. Pada kesempatan ini saya dan Ditto mencoba tradisi ‘Chiamsi’ berdoa dan memohon petunjuk serta memperoleh ramalan tertentu atas doa atau permintaan tersebut. Saya memperoleh angka 6 dan Ditto memperoleh angka 96, setelah itu kami meminta salah satu pendeta disana untuk mengartikan makna angka tersebut. Maaf hanya untuk sekedar bersenang-senang saja, intinya kalau berdoa atau meminta tetap kepada Allah SWT.

Akhirnya kami lanjutkan perjalanan keliling kota Batam sambil menunggu jadwal pertemuan dengan bintang tamu Artika Sari Devi di pusat oleh-oleh Nayadam. Kami menyempatkan mampir ke Mega Mal Batam Center yang kebetulan dekat dengan pelabuhan Batam Center, saya berpisah dengan team karena mereka ingin mengambil beberapa dokumentasi di sekitar lokasi sementara saya, Ditto, Acan dan beberapa rombongan dari Djarum menyempatkan makan siang di mal tersebut. Setelah menunggu cukup lama, akhirnya kita menuju ke pusat oleh-oleh Nayadam yang terletak sekitar 10 menit dari lokasi mal.

17.00 – 19.00
Setibanya di lokasi kami disambut oleh ibu Niwen dan bapak Wishnu pemilik pusat oleh-oleh khas Melayu yang menjual berbagai macam kue-kue khas Melayu dan salah satunya adalah kue Bingka Bakar. Mereka mulai usaha tersebut sejak 2 tahun yang lalu dengan membuka sebuah toko yang kecil dan sampai saat ini sudah memiliki ruko sendiri dan memperoleh penghasilan yang lumayan hanya berjualan kue-kue tersebut. Kami sempatkan berbicara dengan pemilik sambil menunggu Artika. Setelah menunggu beberapa menit akhirnya sang bintang tamu datang, kami segera memulai pelaksanaan dokumentasi foto dan video bersama Artika Sari Devi seputar kue-kue khas Melayu bersama pak Wishnu dan ibu Niwen. Kami mencicipi berbagai macam rasa kue Bingka Bakar resep dari ibu Niwen yang pandai membuat kue-kue khas Melayu, sementara sang suami membantu penjualan dan pemasaran produk mereka. Pasangan suami istri ini sungguh pandai mencari ceruk pasar dan berinovasi mengembangkan potensi daerahnya, salut buat mereka.

19.00 – 21.20
Perjalanan wisata kuliner di pulau Batam bersama Artika Sari Devi kami lanjutkan ke resto sop ikan khas pulau Batam yang terkenal yaitu Yong Kee. Resto yang populer dengan sop ikan-nya dimulai oleh bapak Agus Purnama (Joek Meng) pada tahun 1996, sampai sekarang makanan sop ikan buatan bapak Agus sudah terkenal sampai ke Jakarta. Kami semua mencoba sop ikan Batam dan mengulas wisata kuliner tersebut sambil berbincang dan mengulas berbagai hal bersama Artika, disana Artika juga cukup serius menanyakan program Indonesia Exploride kepada saya apa sebenarnya maksud dan tujuan saya melakukan misi keliling Indonesia ini.

Setelah puas dengan jawaban saya dan waktu juga semakin larut akhirnya kami sudahi acara wisata kuliner di sop ikan Batam, kami berpamitan dengan bapak Agus yang telah berbaik hati mentraktir semua crew Indonesia Exploride. Kami segera kembali ke hotel dan beristirahat sejenak, karena malam harinya kami di undang oleh salah seorang sahabat mas Ditto untuk berwisata malam di kota Batam.

21.20 – 02.00
Setibanya di hotel, saya sempatkan mandi dan beristirahat sejenak. Rupanya tamu Ditto sudah menunggu di lobi untuk membawa kami menuju sebuah club malam di kota Batam yang bernama ‘No Name’. Ditto memperkenalkan sahabatnya yang bernama Wiwik yang juga manajer dari club malam tersebut, rupanya saya sudah kenal Wiwik selama saya bekerja di Batam dahulu dan kita pernah bekerja pada satu perusahaan. Sedikit bernostalgia dengan Wiwik dan akhirnya kami menuju club malam-nya. Tempat yang menyenangkan dengan berbagai hiburan seperti band yang didatangkan dari Bandung serta in-house DJ yang memutarkan lagu-lagu club scene yang populer. Hanyut dengan suasana malam kota Batam, akhirnya team menyudahi aktifitas hari ini dan kembali ke hotel.