Exploride di Medan

Medan, 18 Maret 2011

06.00 – 08.30
Saya bangun lebih pagi kali ini, team Indonesia Exploride mendapat undangan dari mantan Kapolda Sumut Irjen (Pol) Oegroseno untuk touring bersama menuju kota Tebing Tinggi dalam rangka peresmian musholla Al-Amin yang terletak di rest area yang menjadi satu dengan wilayah kerja Polsek Dolok Merawan. Seharusnya kami bertemu di rumah bapak Oegroseno sekitar jam 07.00, namun team bangun agak siang sehingga kami terlambat dan baru tiba di lokasi sekitar jam 08.00. Setibanya di lokasi kami disambut oleh bro Ijeck dan diperkenalkan kepada bapak Oegroseno yang gemar dengan motor besar. Pada kesempatan tersebut bapak Oegroseno menyempatkan diri untuk menjajal BMW F 800 GS yang saya bawa, kami sempat berbincang soal program Indonesia Exploride serta hobi motor besar sebelum berangkat menuju kota Tebing Tinggi. Setelah semua peserta touring siap, akhirnya rombongan bapak Oegroseno dengan menggunakan motor Harley Davidson yang dikawal oleh sekitar 20 motor besar serta rombongan ibu Oegroseno dengan menggunakan mobil dikawal ketat oleh Polisi menuju kota Tebing Tinggi.

08.30 – 15.00
Kali ini touring motor bersama anggota Harley Davidson Club Indonesia Chapter Sumatera Utara dan bapak Irjen (Pol) Oegroseno memang terasa sangat menyenangkan bagi saya, ‘Si Putih’ mendapatkan kehormatan untuk berada di posisi belakang setelah bapak Oegroseno dan bro Ijeck sebagai Ketua Umum. Dengan cepat namun teratur kami melesat menuju kota Tebing Tinggi dan akhirnya tiba sekitar jam 10.45 di lokasi dengan penyambutan yang luar biasa dari masyarakat setempat dan para pejabat yang terkait. Acara peresmian musholla pun dimulai dan saya turut mendengarkan beberapa kata sambutan termasuk sambutan dari bapak Oegroseno yang membuat saya kagum dengan karakter perwira tinggi polisi ini. Rupanya bapak Oegroseno juga seorang sosok yang dicintai oleh anak buah-nya, sahabat-nya serta masyarakat di sekitarnya. Banyak hal yang saya pelajari soal filosofi hidup dan komitmen beliau sebagai seorang penegak hukum. Setelah prosesi pembukaan kami semua bersiap-siap untuk menuju lokasi mesjid terdekat untuk melaksanakan ibadah shalat Jumat. Selesai dari shalat Jumat, kami menuju pusat kota Tebing Tinggi dan makan siang di Pondok Bagelan.

 

15.00 – 17.15
Setelah makan siang kami kembali ke kota Medan dan berkumpul kembali di rumah kediaman bapak Oegroseno untuk berpamitan dan saya secara pribadi mengucapkan banyak terima kasih kepada beliau karena sudah diberikan kesempatan sehari untuk mengikuti kegiatan touring tersebut. Kami segera meninggalkan kediaman bapak Oegroseno dan menuju rumah Hj. Tengku Mira Rozanna Sinar (Mbak Mira) pemilik Sanggar Sinar Budaya Group untuk melihat tarian Serampang 12 serta penjelasan seputar tari Tor-Tor. Ternyata mbak Mira masih keturunan dari Sultan Serdang, saya banyak mendapatkan pelajaran serta informasi tentang tarian Serampang 12 sementara untuk tarian Tor-Tor dijelaskan oleh mbak Suci salah satu koreografer dan pelatih tari yang bernaung di Sanggar Sinar Budaya Group. Kami juga diberikan kesempatan untuk melihat anak-anak didik sanggar tersebut menari, dimana salah satunya adalah Tarian Serampang 12 .

17.15 – 23.00
Akhirnya kami berpamitan dengan mbak Mira yang secara diam-diam memendam rasa ingin mencoba naik diatas ‘Si Putih’, saya turuti permintaan mbak Mira walaupun hanya sebentar dan segera menuju ke tujuan berikutnya Pekan Raya Sumatera Utara untuk mencoba peruntungan kita mendapatkan wawancara dengan Gubernur Sumut. Namun sayang karena padatnya jadwal acara yang sudah ditentukan panitia Pekan Raya Sumatera Utara, kami tidak dapat bertemu dengan beliau walaupun sudah menunggu cukup lama. Akhirnya kami meninggalkan lokasi dan mencari makan malam, nasi goreng kampung Keling menjadi pilihan kami semua. Dengan lahap kami santap makan malam yang cenderung terlambat dan segera kembali ke hotel untuk beristirahat.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s