Exploride di siak2

Siak, 9 Maret 2011

07.00 – 11.20

Pagi ini saya dan team ingin merasakan makan pagi khas kota Siak, team diajak oleh tuan rumah makan pagi di salah satu kedai kopi bernama KKN (kedai kopi nikmat). Suasana di kedai kopi tersebut hampir mirip dengan kedai kopi di pulau Belitung, suasananya sangat khas dengan sentuhan aroma lokal dan kopi-nya. Disana saya menikmati lontong sayur dan secangkir kopi susu Siak yang kopinya sangat kental, nikmat sekali lontong sayur buatan KKN hingga saya habiskan sampai sisa terakhir. Percakapan di kedai kopi masih seputar peristiwa naas yang menimpa Teh Yanti dengan nasi gorengnya, terpingkal-pingkal kami semua mengingat peristiwa tadi malam. Teh Yanti hanya bisa tersenyum kecut melihat pola kita semua. Setelah makan pagi kami bergerak menuju radio RPK Siak (radio Pemerintah Kabupaten Siak) untuk wawancara dengan Drs. H. Nurmansyah Msi (Kadis. Perhubungan Kabupaten Siak) yang juga pimpinan bang Irwan tuan rumah kami.

Kami diterima dengan baik di RPK Siak dan segera memulai wawancara seputar kesiapan kota Siak untuk mendatangkan wisatawan asing maupun domestik serta kesiapan Departemen Perhubungan dalam mewujudkan hal tersebut. Wawancara berjalan lancar dan akrab, bapak Nurmansyah juga menyatakan dukungan-nya terhadap program Indonesia Exploride. Team mendapatkan satu lagi kejutan berupa pemberian cinderamata dari bapak Nurmansyah berupa replika jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah yang terbuat dari perak. Sambutan masyarakat serta pemerintah daerak Kabupaten Siak sangat luar biasa sejak kedatangan kami di kota Siak.

11.20 – 18.30
Team melanjutkan perjalanan menuju BOB (Badan Operasi Bersama) antara Pertamina dan Bumi Siak Pusako sebagai pengelola suaka marga satwa Danau Zamrud yang terkenal akan keindahan alamnya dan habitat satwa langka. Kami diterima oleh bapak Yuswandi Yusuf (Chief Security) dan langsung menerima safety briefing dari bapak Sugiarto seputar keamanan masuk ke suaka marga satwa Danau Zamrud. Rupanya manajemen BOB telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik atas perintah bapak Bupati Siak, untuk masuk ke lokasi Danau Zamrud diperlukan kapal speed boat khusus atau dapat menggunakan sampan lokal yang terdapat disana. Untuk team Indonesia Exploride panitia telah mempersiapkan 2 unit speed boat yang dibawa dari pusat kantor operasional menuju kawasan Danau Zamrud yang berjarak sekitar 1 jam. Rupanya banyak kejutan yang saya alami selama perjalanan menuju lokasi tersebut, saya terjatuh sebanyak 5 kali karena kondisi jalan off road yang harus dilalui. Kondisi salah ban dan licin-nya jalan tersebut membuat motor tidak bisa saya jaga keseimbangan-nya. Dengan dibantu team akhirnya kami tiba di lokasi dan melihat keindahan Danau Zamrud. Suasana di Danau Zamrud hampir mirip dengan habitat di sungai Amazon, kami harus melewati kanal-kanal kecil sebelum bisa menyaksikan keindahan Danau Zamrud. Di lokasi danau tersebut kami juga dapat melihat habitat ‘keluang’ atau kelelawar besar yang hidup di pepohonan gambut sekitar danau. Setelah cukup menyaksikan pemandangan alam yang indah, kami kembali ke kantor pusat manajemen BOB. Dalam perjalanan pulang, suasana jalan mendadak berubah menjadi kering dan berdebu. Akhirnya ketahanan ‘Si Putih’ benar-benar saya rasakan, memang BMW F 800 GS adalah motor yang tepat untuk pengalaman indah ini. Viva BMW Motorrad!


18.30 – 23.30
Perjalanan kami lanjutkan menuju kembali ke hotel Yasmin tempat kami menginap dengan terlebih dahulu mencari makan malam di kota Siak. Rencana-nya hari ini kami akan segera melanjutkan perjalanan menuju kota Pekanbaru. Setelah berkemas kami segera melanjutkan perjalanan dengan bantuan pengawalan dari tuan rumah kami bapak Tengku Ashahab sampai ke kota Pekanbaru. Perjalanan kami tempuh sekitar 2.5 jam dan sampai di hotel Angkasa Pekanbaru sekitar jam 23.30. Setelah check-in kami semua beristirahat untuk persiapan wisata kuliner yang telah disiapkan oleh team Djarum Apresiasi Budaya dengan bintang tamu Atiqah Hasiholan. Selamat malam dan tunggu cerita menarik lainnya di kota Pekanbaru.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s