Exploride di Pelabuhan Gunung Sitoli

Pelabuhan Gunung Sitoli – Nias, 27 Maret 2011

05.00 – 09.00
Saya terbangun lebih pagi karena alarm saya pasang 1 jam dari rencana sandar di pelabuhan Gunung Sitoli – Nias yang dijadwalkan tepat jam 06.00, namun karena cuaca masih kurang bersahabat (hujan masih menerpa bumi Nias) sampai pada akhirnya berhenti sekitar pukl 07.00. Akhirnya kapal fery roro yang kami tumpangi baru bisa bersandar 09.00. Sudah tidak sabar lagi saya ingin mengeluarkan motor dari perut kapal dan menjajal aspal pulau Nias.

09.00 – 15.00
Setelah selesai mengeluarkan kendaraan, kami segera menuju Wisma Soliga hotel di Nias yang akan menjadi tempat kami menginap selama di Nias. Sesampai-nya di Wisma Soliga team Indonesia Exploride disambut oleh Nadine Chandrawinata beserta om Andi (papa-nya Nadine yang juga manager-nya). Terus terang hari ini team Indonesia ingin dan beristirahat total dan tidak berencana untuk kemana-mana sampai malam nanti, ternyata Nadine dan papanya ingin sekali menyelam di Nias. Setelah berbincang beberapa saat, akhirnya kami berpisah sejenak. Team beristirahat dan makan siang di hotel. Saya dan Ditto masih ingin beristirahat di kamar, sementara team lainnya keluar dan berjalan-jalan di seputar lokasi hotel dengan menggunakan ‘betor’ atau becak motor. Ketika saya dan Ditto sedang bersantai diluar kamar, tiba-tiba team pendukung datang dengan memperkenalkan seorang sahabat baru yang bernama Manto. Rupanya Manto sehar-harinya mencari nafkah dari becak motor yang ia miliki, yang secara kebetulan di sewa oleh team untuk mengantar mereka jalan-jalan. Hebat-nya lagi kami sebagai tamu ditantang Manto untuk bermain sepak bola di sebuah lapangan yang tidak jauh dari hotel dan dekat dengan pantai Miga.

15.00 – 18.00
Menarik juga tantangan si Manto, rayuan dan bujukan team membuat saya ingin melihat pertandingan tersebut dan bahkan mencoba untuk berpartisipasi dalam permainan yang terus terang bukan sesuatu yang saya suka. Setibanya di lokasi pantai Miga, kami melihat beberapa anak-anak asli Nias sudah menunggu giliran untuk bermain, rupanya mereka bertaruh dan bermain sangat serius. Siapapun yang kalah harus membayar kekalahan tersebut dengan nilai Rp. 15.000,- saja. Kami menyaksikan pertandingan dengan seksama, rupanya hal ini sudah biasa mereka lakukan. Melihat cara bermain mereka, kami sedikit ciut dan mencoba melihat taktik permainan mereka. Situasi bertambah seru dengan datangnya bala bantuan dari Jakarta, mas Yudi dari Djarum pusat dan mas Wawan sebagai LO artis turut bermain dengan kita. Alhasil team Indonesia Exploride melawan ‘AKAMSI (anak-anak kampung sini)’. Permainan cukup seru dan penuh tawa, ada-ada saja tingkah dan pola kita untuk menarik perhatian musuh kita. Rupanya permainan tidak berimbang dan kami di bantai 4 – 1 oleh team tuan rumah, gol satu-satunya tercipta dari kaki mas Yudi. Akhirnya permainan kami sudahi dan dengan terpaksa kami membayar Rp. 15.000,- sesuai dengan nilai taruhan yang diberikan. Kami semua kembali ke hotel untuk mandi dan bersiap-siap untuk makan malam.

18.00 – 22.00
Rupanya Nadine dan papa-nya sudah berada di hotel dan sedikit kecewa dengan aktifitas menyelam hari ini, karena sesuatu yang mereka harapkan dan inginkan tidak tercapai. Team sempat berbagi cerita dengan Nadine dan papa-nya tentang aktifitas hari ini yang penuh tawa dan sedikit meguras keringat. Akhirnya kami semua mandi dan bersiap-siap untuk mencari makan malam, rupanya mas Devi sebagai DSO Djarum sudah memilih rumah makan khas Minangkabau yang terletak sangat dekat dengan hotel. Pemilik rumah makan yang ramah dan heboh mendekati kami sambil bertanya dan pada apakah bintang tamu yang makan bersama kami adalah Nadine, kami semua tertawa dan bercanda. Rupanya sang pemilik rumah makan gigih sekali dpada akhirny Nadine melayani-nya. Kami makan dengan lahap, rupanya menu dan makanan yang disediakan sangat enak. Setelah kenyang kami kembali ke hotel dan beristirahat untuk mempersiapkan aktifitas yang padat ke-esokan harinya