Exploride di Bukit Tinggi

Bukit Tinggi, 31 Maret 2011

03.00 – 09.00
Tiba-tiba saya terbangun dari tidur saya sejak tiba di kota Bukit Tinggi, terdengar suara pintu kamar saya diketuk dari luar dan saya liat waktu sudah pukul 03.00 dinihari. Dengan bergegas saya melongok ke jendela kamar dan melihat siapa yang mengetuk, ternyata Ditto sudah berada di luar kamar dengan tampang kucel-nya. Rupanya team yang berada di mobil baru sampai hotel, kasian juga saya melihat wajah Ditto yang terlihat letih. Pintu kamar saya buka dan mempersilahkan Ditto untuk masuk, saya kembali tidur dan saya berasumsi Ditto pun ingin segera tidur untuk melepas lelah.

09.00 – 13.00
Kali ini saya terbangun kembali karena telpon seluler saya berdering, rupanya istri saya di Jakarta ingin memberitahukan kepada saya kalau dia sudah berada di bandara Soekarno – Hatta untuk berangkat ke Padang untuk bertemu dengan saya di Bukit Tinggi. Saya mengatur jadwal kedatangan istri saya agar kami dapar bertemu siang ini di hotel The Hill, Bukit Tinggi. Sayang-nya saya tidak dapat menjemput istri saya karena jadwal aktifitas serta eksplorasi team Indonesia Exploride di kota Bukit Tinggi akan dimulai jam 13.00 hari ini. Ditto masih terbaring pulas karena kecapean, untuk sementara waktu saya belum bangunkan agar Ditto dapat tidur sedikit lebih lama lagi. Setelah mandi dan menyempatkan membuat jurnal, saya bangunkan Ditto agar bersiap-siap untuk ekplorasi budaya dan pariwisata di Bukit Tinggi. Siang itu kami kedatangan tamu dari Jakarta yaitu Edo Sitanggang sang Executive Producer kami yang mampir ke Bukit Tinggi untuk melihat perkembangan pengambilan dokumentasi video serta mengambil materi syuting untuk segera di edit di Jakarta. Setelah itu DSO Djarum kota Bukit Tinggi bapak Wahyu juga datang untuk mengantar kami berkeliling, sayang sekali bintang tamu yang dijadwalkan datang ke Bukit Tinggi yaitu Titi Syuman tidak bisa hadir karena mendadak sakit dan akan digantikan oleh bintang tamu lainnya yaitu Ersa Mayori namun di kota Padang.

13.00 – 16.30
Saya dapat melihat ke-kecewaan dari wajah bapak Wahyu karena wilayah-nya yang seharusnya menjadi pusat perhatian mendadak batal, karena bintang tamu yang dijadwalkan berhalangan hadir. Setelah team semua siap, kami segera berangkat untuk meliput beberapa wisata kuliner andalan kota Bukit Tinggi yaitu nasi Kapau serta lemang tapai. Nasi Kapau yang kami tuju adalah yang sangat terkenal di kota Bukit Tinggi yaitu Nasi Kapau Uni Lis, disana kami sekaligus makan siang dan berbincang sejenak dengan pemilik rumah makan Ibu Lis yang sudah memulai usahanya sejak 1978. Sambil makan, seorang pengamen dengan suara yang indah masuk dan melantunkan beberapa lagu khas Sumatra Barat yang membuat saya merasa betah. Setelah makan siang kami segera menuju rumah makan yang menghidangkan Lemang tapai di daerah Ngarai yang ternyata dekat dengan hotel tempat kami menginap. Di lokasi tersebut, saya menerima telpon seluler dari istri yang memberikan informasi kalau dia sudah berada di hotel The Hill tempat kami akan bertemu setelah saya menyelesaikan aktifitas pada hari ini.

16.30 – 20.00
Akhirnya selesai sudah aktifitas hari ini dan saya menuju The Hill untuk bertemu dengan istri yang telah lama menunggu, kali ini saya berpisah dengan team untuk sementara waktu sampai kami meninggalkan kota Bukit Tinggi dan menuju kota Padang. Setelah hampir 1 bulan saya meninggalkan rumah, baru kali ini saya dapat bertemu kembali dengan istri saya dan saling melepas rindu. Kami menyempatkan berjalan-jalan di sekitar hotel yang juga dekat dengan salah satu ikon Bukit Tinggi yaitu Jam Gadang dan menyempatkan makan malam berdua di salah satu rumah makan franchise yang dekat dengan lokasi tersebut.

20.00 – 22.00
Setelah makan malam dan berbincang seputar rumah dan anak kami tersayang Callista, kami berdua segera kembali ke hotel dan sebelumnya menyempatkan diri untuk berbelanja makanan dan minuman untuk persediaan kami selama di Bukit Tinggi. Hari semakin larut dan kamipun kembali ke peraduan, karena saya dan istri akan mengeksplorasi kota Bukit Tinggi bersama-sama ke-esokan harinya. Selamat malam!