Exploride di Bukit Tinggi3

Bukit Tinggi, 2 April 2011

08.00 – 10.15
Seperti biasa saya mulai aktifitas hari ini dengan sarapan pagi, tapi ada yang special kali ini karena istri saya tercinta menemani makan pagi di The Hill hotel tempat kami menginap. Pak Cecep juga sudah stand by menjemput kami berdua untuk bertemu dengan team di hotel Indria. Menurut rencana kami akan mengunjungi Istana Besa Pagaruyuang dan sentra songket Minang Kabau yang terdapat di daerah Pande Sikek.

10.15 – 12.30
Tepat jam 10.15 rombongan kami berangkat menuju istana Pagaruyung dengan terlebih dahulu mampir kepasar wisata untuk mencari bubur kampiun. Namun, lokasi penjualan bubur Kampiun sudah tutup ketika kami sampai di pasar tersebut. Akhirnya kami langsung menuju ke istana Pagaruyung.

12.30 – 13.10
Setibanya di lokasi istana Pagaruyung, kami langsung mengambil b sertaeberapa stock foto dan video untuk keperluan program Indonesia Exploride. Sayangnya, kami hanya dapat melihat dari luarnya saja. Karena istana Pagaruyung sedang di renovasi terutama interior dalam-nya akibat kebakaran pada tahun 2007 yang lalu akibat disambar petir. Indah sekali istana Pagaruyung dengan latar belakang perbukitan yang hijau serta taman yang luas. Cukup puas dengan mengambil foto-foto dengan latar belakang istana Pagaruyung, kami melanjutkan perjalanan ke daerah Pande Sikek dengan terlebih dahulu makan siang di rumah makan Aroma yang berjarak hanya beberapa kilometer dari Istana Pagaruyung.

13.10 – 18.26
Kami mampir di toko Songket Pak Datuak dan bertemu dengan pemilik-nya yaitu ibu Refni. Saya dan istri menyempatkan berbincang dengan pemilik toko dan melihat-lihat koleksi songket yang dijual. Saya tertarik dengan sebuah tulisan kaligrafi surat kursi yang terbuat dari tenun songket khas Minang Kabau. Setelah melihat dan memperhatikan songket tersebut, saya langsung menawar dan pada akhirnya mendapatkan harga yang saya inginkan. Kami juga membeli beberapa oleh-oleh untuk anak tersayang serta keluarga di Jakarta, setelah puas melihat-lihat kami melanjutkan perjalanan ke Rumah Pusako yang hanya berjarak beberapa meter dari toko songket Pak Datuak untuk mengetahui lebih lanjut sejarah tenun songket Minang Kabau. Disana kami bertemu dengan ibu Hajjah Sanuar, seorang nenek yang masih mewarisi beberapa koleksi songket khas Minang Kabau yang berumur ratusan tahun. Kami sungguh beruntung dapat berbagi cerita dengan ibu Hajjah Sanuar dan mengetahui lebih banyak serta melihat sendiri beberapa koleksi songket beliau yang sangat berharga.

18.26 – 21.00
Setelah berbagi cerita dengan ibu Hajjah Sanuar di Rumah Pusako, kami segera kembali ke kota Bukit Tinggi untuk mampir ke salah satu ikon kota tersebut yaitu Jam Gadang yang jaraknya hanya beberapa meter dari hotel The Hill. Setibanya di lokasi Jam Gadang, Ditto segera mengeluarkan peralatan fotonya dan mengambil beberapa stock foto untuk kepentingan program Indonesia Exploride. Rupanya, team produksi tidak kalah kreatif dengan Ditto. Mereka menyewakan 3 buah bendi untuk kami semua dan berkeliling kota Bukit Tinggi sambil mengambil beberapa stock video untuk liputan program Indonesia Exploride. Tiba-tiba Ditto heboh sendirian karena kehilangan blackberry kesayangan-nya, kami semua juga terheran-heran bagaimana hal tersebut bisa terjadi karena kami semua mengamati setiap gerak gerik-nya. Kemungkinan besar Ditto disirep oleh orang yang tidak bertanggung jawab, karena kalau terjatuh atau kelupaan pastinya barang tersebut masih berada di sekitar lokasi Jam Gadang. Kami turut prihatin dengan hilang-nya blackberry Ditto, namun apa daya barang tersebut sudah hilang seperti ditelan bumi. Akhirnya kami meninggalkan lokasi dan kembali ke hotel untuk beristirahat.