Exploride di lampung

Lampung, 10 April 2011

08.00 – 10.30
Akhirnya hari yang ditunggu-tunggu pun tiba, setelah 50 hari team meninggalkan Jakarta dan tidak berjumpa dengan keluarga maka pada hari ini mereka akan dapat berjumpa dengan keluarganya masing-masing. Kami semua bangun dengan kondisi yang segar dan siap untuk kembali ke Jakarta setelah terlebih dahulu sarapan pagi di hotel. Saya memutuskan agar team kendaraan kembali ke Jakarta via tol Merak menuju Jakarta agar mereka terlebih dahulu dapat bertemu dengan keluarga, sementara saya akan menempuh jalur yang lebih panjang melalui Serang – Tangerang – Bintaro karena motor harus diperbaiki sebelum melanjutkan perjalanan ke pulau Kalimantan. Namun, terlebih dahulu kami harus melalui penyeberangan feri Bahaheuni – Merak sebelum tiba di Jakarta. Akhirnya kami check-out dari hotel dan melanjutkan perjalanan menuju pelabuhan Bakaheuni.

10.30 – 13.30
Hari terasa terik dalam perjalanan menuju pelabuhan penyeberangan Bakaheuni, namun kondisi jalan tidak terlalu macet dan saya tempuh perjalanan dengan santai dan sampai di pelabuhan sekitar jam 12.00 dan mencari rumah makan untuk santap siang sebelum kendaraan masuk ke kapal untuk diseberangkan ke pelabuhan Merak. Kami makan di sebuah rumah makan khas Minangkabau, setelah itu secara kebetulan kami juga masuk sangat cepat kedalam kapal feri tanpa hambatan.

13.30 – 15.00
Ternyata kapal yang kami tumpangi baru bertolak dari pelabuhan Bakaheuni menuju pelabuhan Merak sekitar pukul 15.00. Sambil menunggu beberapa kendaraan lain masuk ke dalam kapal, kami menunggu di ruang VIP sambil beristirahat. Sebagian team melakukan survey ke sekeliling kapal untuk mencari spot syuting testimonial perjalanan lintas barat Sumatera yang kami rencanakan akan dilakukan di atas kapal dan dalam perjalanan menuju pelabuhan Merak.

15.00 – 18.00
Akhirnya kapal feri yang kami tumpangi berangkat, dan secara bersamaan kami membuat syuting testimonial dia atas geladak kapal feri roro yang mengantar kami kembali ke Jakarta. Secara kebetulan langit juga cukup cerah, sehingga proses syuting dapat berjalan dengan lancar. Akhirnya dalam beberapa jam terlihat sudah pelabuhan Merak dan kami segera bersiap-siap untuk turun dari kapal dan mengeluarkan kendaraan untuk segera kembali ke Jakarta. Kami semua berpamitan dan meninggalkan pelabuhan dengan rute yang berbeda. Rupanya hari libur tersebut adalah hari yang cukup padat, sehingga beberapa kali kemacetan menghadang saya kembali ke Jakarta. Banyak pasar malam di rute Serang –Tangerang – Bintaro yang mengakibatkan saya masuk ke Bintaro sedikit terlambat dari jadwal yang ditentukan. Setelah menitipkan motor di bengkel BMW Motorrad, saya segera memesan sebuah taxi untuk mengantar saya ke Pamulang dan bertemu dengan istri dan anak saya tercinta. Senang akhirnya saya dapat berkumpul kembali dengan keluarga tercinta di Jakarta, demikian juga dengan team Indonesia Exploride yang terlebih dahulu tiba di rumah masing-masing dan dapat bertemu keluarga mereka. Sampai jumpa dalam perjalanan kami berikutnya di pulau Kalimantan!