Exploride di Padang2

Padang, 5 April 2011

07.00 – 09.00
Pagi ini kami bersiap-siap untuk meninggalkan kota Padang menuju kembali ke propinsi Jambi dengan tujuan kota kecil Sungai Penuh, dimana team akan mengeksplorasi keindahan Danau Kerinci. Setelah sarapan pagi kami semua mengatur GPS dengan arah Sungai Penuh via Solok – Muaralabuh dimana kami dapat melihat Danau Kembar dalam perjalanan apabila melalui rute tersebut, setelah semua barang-barang masuk ke dalam kendaraan maka kami segera berangkat menuju Sungai Penuh dengan rencana rute yang telah ditentukan.

09.00 – 12.30
Ada yang lucu dan unik dalam perjalanan menuju Sungai Penuh, dalam perjalanan tersebut saya mengikuti mobil dari belakang dan tidak memperhatikan GPS yang berada di motor. Setelah melewati batas kota Padang, mobil berbelok ke arah berlawanan dengan panduan GPS yang berada di motor. Belajar dari kasus-kasus sebelumnya, saya hanya mengikuti mobil karena GPS dapat mengatur kembali rute apabila memang kami tersesat di jalan. Kecurigaan saya timbul ketika melewati rute tepi laut yang selalu menjadi pemandangan kita dalam perjalanan, akhirnya saya berhenti di pelabuhan Teluk Kabung dan bertanya kepada penduduk setempat. Ternyata kami melewati jalur yang salah, kami mengambil rute pesisir pantai selatan yang jauh dari rute Solok – Muara Labuh. Sehingga timbul pilihan berat bagi kita, apakah kembali ke rute Solok – Muaralabuh atau meneruskan perjalanan tetapi kehilangan Danau Kembar sebagai salah satu tujuan kita. Setelah mempertimbangkan secara bersama, akhirnya kami putuskan untuk meneruskan perjalanan melewati rute pesisir pantai selatan menuju Sungai Penuh.

12.30 – 13.30
Kami berhenti untuk istirahat makan siang di daerah Painan, sebuah rumah makan khas Minangkabau yang sederhana dan terletak di pinggiran pantai menjadi pilihan saya dan team untuk menikmati makan siang. Banyak lauk pauk yang masih tersisa dari Padang seperti rendang dan kerupuk Sanjai yang kami beli dari pusat oleh-oleh Christine Hakim, sehingga kami memesan lauk pauk secukup-nya dan bersama-sama menyantap makan siang ditambah dengan oleh-oleh yang telah kami pesan. Makan siang menjadi lebih berasa dan cukup untuk menambah tenaga untuk perjalanan berikutnya menuju Sungai Penuh.

13.30 – 17.30
Saya melanjutkan perjalanan menuju Sungai Penuh dengan meninggalkan mobil di belakang, rute menuju Sungai penuh sangat indah dengan pemandangan bukit, sawah serta hutan taman nasional Kerinci Seblat yang indah. Namun jalan yang ditempuh juga sangat ekstrim dengan kondisi jalan yang parah, sekali-sekali saya melewati jalan bekas longsoran serta jalan tanah dan batuan yang panjang. Tetapi saya nikmati perjalanan tersebut karena memang pemandangan di daerah tersebut sangat mempesona. Udaranya yang semakin dingin dapat saya rasakan ketika memasuki perbatasan kota Sungai Penuh. Pemandangan perbukitan seperti di pegunungan Alpen dapat saya rasakan, senang saya dapat merasakan keindahan alam yang luar biasa. Akhirnya saya tiba di kota Sungai Penuh dan berhenti di sebuah cafe kecil yang bersih untuk beristirahat sambil menunggu team yang lain-nya.

17.30 – 18.30
Setelah team tiba di cafe, mereka juga beristirahat sejenak sambil menikmati beberapa makanan dan minuman yang tersedia. Saya mencoba bertanya dengan penduduk setempat apakah ada hotel yang nyaman di sekitar kota Sungai Penuh, beberapa dari mereka merekomendasikan hotel Jaya Wisata. Akhirnya kami meninggalkan cafe tersebut untuk mencari hotel Jaya Wisata, rupanya kamar yang tersedia untuk kami hanya dapat kami pakai malam ini saja. Kami harus mencari hotel lain ke-esokan harinya, karena kami ingin menambah lama tinggal kami di Sungai Penuh untuk mencari pengganti tujuan Danau Kembar yang tidak dapat kami ambil karena salah jalan.


18.30 – 22.00
Kami check-in dan segera mencari beberapa opsi hotel lain-nya yang cocok dengan selera kami di kota Sungai Penuh, rupanya memang semua hotel sudah terisi penuih sampai besok karena ada acara musyawarah daerah dari sebuah partai. Setelah berkeliling cukup lama, akhirnya kami mendapatkan sebuah hotel yang ternyata berdekatan dengan cafe dimana kita singgahi pertama ketika tiba di kota Sungai Penuh. Ditambah lagi, kami mendapatkan sebuah informasi penting tentang sebuah lokasi tujuan baru yaitu Bukit Khayangan yang menurut penduduk setempat mempunyai pemandangan yang sangat indah. Kami kembali ke hotel dan makan malam di sebuah warung sederhana yang bersebelahan dengan hotel Jaya Wisata tempat kami menginap. Setelah kenyang kamipun beristirahat untuk mempersiapkan agenda besok melihat keindahan Danau Kerinci dan Bukit Khayangan. Selamat malam!

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s