Persiapan Menelusuri Sulawesi

 

Sudah lama merencanakan untuk bisa keliling seluruh pulau sulawesi dari Manado ke Makassar. Persiapan sudah 1 tahun lebih merencanakan perjalanan ini. Namun ternyata kalo harus naik motor sendiri dari manado ke makassar akan memakan waktu dan biaya yang cukup banyak. setelah berbagai pertimbangan, Motor KLX cukup di naikan ke dalam bis tujuan manado makassar.

Setelah googling mencapat info bahwa ada 3 bis yang tujuan manado makassar yaitu Bus Vernando, Bis Megamas dan Bis Tomohon Indah, namun hanya 2 yang bisa di hubungi yaitu Bis Megamas dan Bis Tomohon Indah.  harga tiket untuk orang dan motor cukup jauh. ticket orang dewasa adalah sekitar Rp 380 – 400 ribu. dan untuk motor Rp 750 – 850 ribu.

Perjalanan naik bis seharusnya memakan waktu sekitar 3 hari 3 malam, kalao naik motor bisa 4-5 hari bisa hancur tubuhku. Enaknya naik pesawat hany membutuhkan waktu 1 jam dan 30 minit saja. Pengalaman Lie Kok Seng pernah melewati  Jalur trans sulawesi manado makassar waktu tahun 1999 membutuh perjalan darat 1 bulan lebih karena jalanan hancur.  Sekarang lebih bagus jalanan sejak upaya  pembangunan sulawesi di mulai.

Kondisi jalan dari Manado ke Goronontal Jalannya mulus dan OK.

Dari Gorontalo ke Poso cukup jauh namun jalannya cukup OK menyusuri pantai barat lewat Parigi, Tinombo dan Merisa.

Setelah melewati danau Poso Jalan berkelok tajam menyusuri tepi gunung.
Kondisi jalan kiri gunung, kanan jurang. Jalan masih mulus, cukup untuk
papasan dua mobil. Pemandangan cukup Indah.

Poso sampe ke Masamba sulit mecari warung makan. Jalan mendatar lagi sesampe ke masamba. Setelah Bone-bone jalan menyusuri
tepi gunung lagi, sampai ke Rantepao.

Rantepao ke Pare pare mulai muncul banyak warung makan.

Jalan dari pare pare ke makassar asyik banget karena lebih lebar dan mulus dan juga banyak makan enak.

http://www.telkomsel.com/internet/paket-telkomsel-flash/9343-Paket-Flash-simPATI.html

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a comment